Bawaslu Lahat, Bimtek PPKD dan PTPS di Dua Kecamatan

0
115

Kliksumatera.com, LAHAT – Menjelang pemilihan legislatif, Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia yang akan diselenggarakan secara serentak pada hari Rabu, (17/04/19) maka, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lahat melalui Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Mulak Ulu dan Kecamatan Mulak Sebingkai melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada Pengawas Pemilu Kelurahan Desa (PPKD) dan juga Pengawas Tempat Pemungutan Suara PTPS) yang diselenggarakan di Gedung Huheyy Taman Durian, Desa Muara Tiga, Kecamatan Mulak Ulu Rabu, (03/04/19).

Sebelum acara dimulai diawali menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Bawaslu, dan dilanjutkan dengan laporan dari Priyanto Kepala Sekretariat Panwascam Mulak Ulu. Dalam laporannya, Priyanto mengucapkan terima kasih atas kehadiran seluruh undangan, Unsur Tripika, PPK, Komisioner Panwascam Mulak Ulu dan Mulak Sebingkai, PPKD, PTPS.

Dikatakan Priyanto, mengingat waktu pemilihan sebentar lagi akan dilaksanakan, maka atas instruksi dari Bawaslu PPKD dan PTPS untuk segera dilakukan Bimtek.

“Dalam Bimtek PTPS ini sekaligus kami ikut sertakan PPKD untuk mengikuti Bimtek, supaya dalam pengawasan nanti PPKD dan PTPS sama-sama memahami tugas arti pengawasan,” terangnya.

Mewakili Unsur Tripika yang disampaikan Danramil Kota Agung, Ferison, dalam sambutannya mengucapkan banyak terima kasih, atas undangan Bawaslu dalam melakukan Bimtek PTPS hari ini.

Ia sangat mengapresiasi, atas semangat Bawaslu beserta jajarannya melaksanakan Bimtek untuk memberikan pengarahan pengawasan pemilu Legislatif dan Presiden yang akan dilaksanakan secara serentak.

‘’Semoga, dengan dilakukan pembekalan kepada PPKD dan PTPS tersebut diharapkan mampu melangsungkan Pemilu ke depan yang tentunya damai, aman, dan sejuk. Dengan bersinergi seperti ini, semoga apa yang kita harapkan untuk pemilu Legislatif dan Presiden ini dapat terwujud dengan aman dan nyaman. Apabila pemilu ini tidak aman atau ada kekacauan yang tidak kita inginkan, kami selaku TNI dan Kepolisian akan menambah tugas khusus. Oleh sebab itu, mari kita sama-sama bekerja sama menciptakan pemilu yang berdaulat,” urainya.

Paigal Pirdaus, Komisioner Bawaslu Kabupaten Lahat, dimana dalam kesempatannya pada kegiatan Bimtek tersebut mengatakan, ia sangat mengharapkan pada PPKD dan PTPS, bahwa Bawaslu adalah Tonggak Demokrasi Bangsa. Oleh sebab itu, sebagai tugas pengawas pemilu harus betul-betul memahami tugas dan pokok dalam pengawasan. Tugas pokok tersebut dimulai dari pengawasan TPS, mulai dari tempat apakah layak atau tidak, pengaturan keluar masuk pemilih di TPS, Simbol Paslon tertentu dilingkungan TPS, sampai ke pengawasan kotak dan surat suara.

Dilanjutkannya, tugas PTPS tentunya harus bekerjasama dengan PPKD dan dilanjutkan kepada Panwascam. Supaya, dalam pengawasan pemilu tersebut bisa berjalan dengan aman dan lancar.

“Jadi, kami harapkan kepada PPKD dan PTPS di dalam pengawasan nanti sudah dapat melaksanakan tugasnya dengan baik. Apabila tugas ini dapat berjalan dengan baik, berarti kita betul-betul menjalankan tugas sebagai tonggak demokrasi bangsa. Untuk selanjutnya, bimtek ini akan di pandu oleh Komisioner Panwascam Mulak Ulu dan Mulak Sebingkai,” jelasnya.

Laporan  : Ferdy
Editor/Posting : Imam Ghazali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here