BPS Lahat Launching Sensus Penduduk Online

0
54

Kliksumatera.com, LAHAT- Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Lahat, Sabtu (15/2) melaunching Sensus Penduduk Online di Oproom Pemda Lahat. Launching tersebut dihadiri Bupati Lahat, Dandim 0405 Lahat, Kapolres Lahat, Kepala Dinas/Badan/Kabag, dan para Camat se-Kabupaten Lahat.

Sebelum diadakan launching sensus penduduk Online tahun 2020, Forkopimda mendengarkan Pidato Presiden Republik Indonesia bahwa betapa pentingnya data statistik kependudukan masyarakat Indonesia. Dalam pidatonya, Presiden memerintahkan kepada Pemerintah Daerah untuk menyukseskan Sensus Penduduk Online 2020.

Ir. Hj. Chairunita selaku Kepala BPS Kabupaten Lahat mengatakan bahwa kegiatan Sensus Penduduk Online secara nasional telah dimulai sejak awal bulan lalu, dengan mendatangi langsung SMA yang bertujuan agar para siswa tersebut menyampaikan kepada orang tuanya.

Sensus Penduduk 2020 dilakukan dalam dua metode, yakni secara online dan offline. Metode online akan dimulai pada Sabtu (15/2/2020) dan berlangsung hingga 31 Maret mendatang.

Sementara itu, metode offline dilakukan pada Juli 2020. Ia juga mengatakan, kedua metode dilakukan secara berurutan dan sama-sama membutuhkan partisipasi masyarakat.

Data ini dihimpun oleh Direktorat Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri yang terdokumentasikan dalam sistem informasi administrasi kependudukan (SIAK).

Berdasarkan data yang sudah ada, pihaknya merancang agar sistem survei bisa diikuti warga secara online. Untuk bisa mengikuti survei secara online, warga diminta mengakses laman www.sensus. bps.go.id.

Kemudian Bupati Lahat Cik Ujang, SH dalam arahannya berharap kegiatan ini dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam mendata diri. ”Maka saya instruksikan kepada seluruh peserta agar dapat mengimbau dan dapat mendaftarkan data pribadinya melalui Sensus Penduduk Online, sehingga target Pemda Lahat 50 % mendata penduduk Kabupaten Lahat dapat terlaksana. Dan juga kami sangat berharap dapat menumbuhkan semangat 50 % data penduduk di Kabupaten Lahat,” ujar Cik Ujang.

Kemudian Bupati Lahat secara resmi membuka Launching Sensus penduduk Online di Kabupaten Lahat dan dilanjutkan dengan pendataan para peserta secara online.

Laporan : Novita/Idham
Editor/Posting : Imam Ghazali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here