Dinas PMK Way Kanan Terkesan Lambat Sajikan Data Pemenang Pilkakam Serentak

0
23

Kliksumatera.com,WAY KANAN- Di era teknologi digital yang sudah terbilang canggih saat ini, Pihak Panitia Pilkakam serentak Way Kanan tingkat Kabupaten yakni Dinas PMK terkesan lelet alias lambat menyajikan update rekapitulasi data pemenang pilkakam di 85 Kampung yang menyelenggarakan Pilkakam.

Pasalnya hingga hampir pukul 22.00 Wib tanggal 27/05/2021 atau 8 jam setelah penghitungan suara di tingkat TPS dilaksanakan, Pihak Dinas PMK Way Kanan belum mengeluarkan rilis secara lengkap pemenang pilkakam di 85 kampung tersebut.

“Saya meminta data rekap pemenang pilkakam untuk keperluan publikasi kepada instansi resmi di Kabupaten Yakni Dinas PMK. Dijawab oleh Kepala Dinas dan Kabid pembedayaan Kampung (Ketut, red) sampai hampir pukul 22.00 Wib dijawab belum siap 100 persen,” ujar M. Fikri Kabiro Koran Editor yang juga sebagai Sekretaris Asosiasi Wartawan Profesional Indonesia (AWPI) Way kanan, Kamis malam (27/05/2021).

Padahal, jika mau bisa terlaksana secara mudah jika alasan kekurangan personal misalnya bekerja sama dengan pihak keamanan/satpol PP yang ditugaskan di masing-masing TPS atau Kampung untuk memberi laporan secara cepat via pesan singkat (sms) atau WA.

“Pihak PMK bisa mengajak Kasatpol PP mengadakan kerja sama memakai MoU, untuk menugaskan satu orang satpol PP di TPS induk rekap perhitungan suara masing-masing TPS. Bantu membuat laporan perolehan suara via sms atau WA,” tambah Sekretaris AWPI itu.

Hal ini pasti bisa terlaksana dengan baik mengingat anggaran yang dikucurkan untuk pengamanan unsur satpol PP juga lumayan besar.

Selain itu Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya juga sudah memerintahkan pejabat eselon II dan III memantau di tingkat kampung Atau TPS, dan tentunya ada laporannya selain situasi dan kondisi di lapangan tentunya juga melaporkan hasil perhitungan suara.

“Ini menjadi aneh juga jika jeda waktu 8 jam sejak perhitungan suara. Masih belum bisa menyajikan data valid terkait pemenang pilkakam secara global. Mungkin prinsip birokrasi lama yakni kalau bisa lambat kenapa harus dipercepat masih mereka pakai,” pungkas Sekretaris AWPI Way Kanan.

Laporan : Tim/Jamatus
Posting  : Imam Ghazali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here