Pelaku Penyentruman Ikan Diancam 10 Tahun Penjara

0
19

Kliksumatera.com, MURATARA- Zul (32), warga Desa Surulangun Kecamatan Rawas Ulu Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) pelaku penyentruman ikan di Sungai Rawas diancam 10 tahun penjara.

Kapolres Muratara AKBP Eko Sumaryanto SIK melalui Kasat Reskrim Polres Muratara AKP Dedi Rahmad Hidayat mengatakan pihaknya telah mengamankan tersangka Zul (32) pelaku penyentruman ikan di Sungai Rawas Kabupaten Muratara.

“Pelaku penyentruman ini dikenakan pasal 8 ayat 1 Undang undang nomor 31 tahun 2004 tentang perikanan dengan ancaman 10 tahun penjara dan denda sebesar Rp. 1,2  miliar,” ujarnya saat menggelar press release di Mako Polres Muratara, Senin (31/5/2021).

Lanjut Kasat Reskrim, dari pengakuan tersangka, dia ini sudah tiga kali melakukan penyentruman ikan disungai rawas. “Tersangka dan barang bukti berupa alat penyentrum ikan (Sanggi beserta kabel red), Mesin Genset, Ikan hasil sentruman seberat 1 kg, Angkong, Perahu dan Mesin Ketek kita amankan di Polres Muratara,” tegasnya.

Ia menjelaskan, setelah pihak kepolisian dalam hal ini Polres Muratara mendapat informasi dari masyarakat yang tergabung dalam Lembaga Persatuan Peduli Air Sungai (LPPAS) bahwa telah terjadi tindak pidana penyentruman ikan di Sungai Rawas pada tanggal 28 Mei 2021 sekitar pukul 01.00 Wib.

“Setelah dilakukan pengecekan dapat  diamankan salah satu dari dua tersangka, satu di antaranya masih DPO atas nama Y,” ungkapnya.

Sementara itu tersangka Zul (32)  mengaku jika dirinya sudah tiga kali melakukan penyentruman ikan di Sungai Rawas bersama kawannya. “Pertama kita mendapatkan ikan hasil sentruman seberat 10 kg, kemudian kita dapat ikan seberat 8 kg, dan yang ketiga hasil penyentruman kita belum sempat terjual. Ikan hasil sentruman kami jual, ada orang yang membelinya,” akunya saat dikonfirmasi awak media.

Laporan : Junaidi
Posting  : Imam Ghazali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here