Pemuda ini Ubah Botol Plastik Menjadi Sofa

0
8

Kliksumatera.com, PALEMBANG- Andi Muhammad Sakiran sejak empat bulan terakhir menekuni bisnis barunya yakni memproduksi sofa yang terbuat dari bahan dari botol air mineral.

Kendati terbuat dari susunan botol plastik, sofa yang dibuat dan dirancang oleh Andi Muhammad Sakiran ini memiliki kekuatan seperti sofa yang terbuat dari kayu, karena susunan botol plastik ini dirancang sampai dengan berlapis.

Hal tersebut diungkapkan oleh Andi Muhammad Sakiran saat menggelar pameran di acara pengukuhan dan Pelantikan Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan di Hotel The Zuri, Sabtu (19/9/2020).

Dia mengatakan bahwa memiliki ide membuat sofa dari botol plastik karena terinspirasi dari kakaknya yang merupakan agen air mineral. Sehingga banyak menyimpan, stock botol plastik air mineral. “Ide awalnya adalah pengen mengelola sampah botol plastik. Karena botolnya banyak di rumah. Jadi ingin membuat kreasi dari botol plastik. Saya cari di youtube, sofa dari plastik dan itu saya pelajari,” ujarnya.

Andi menuturkan, untuk pembuatan satu unit sofa ini sendiri , dia hanya membutuhkan waktu satu hari. Pasalnya, dirinya juga dibantu oleh tiga karyawannya. “Untuk proses pembuatan satu kursi itu membutuhkan sekitar 60-70 botol air mineral. Kemudian botol air mineral tersebut dipotong lalu kita balut mengunakan plester, kemudian disusun bagian atas dan bawah. Kemudian untuk bagian bawah kita pasang kayu dasar untuk menyusun botol. Bagian atas dan bawah botol yang disusun dipasang busa. Hingga jadi sofa dengan berbagai motif dan ukuran,” jelasnya.

Andi mengungkapkan, untuk harga sofa ini sendiri dibandrol mulai dari Rp 1,5 juta sampai Rp 2,5 juta rupiah. “Harga satu set sofa ini dipatok sesuai dengan ukuran sofa, dan bahan yang dipakai. Bagi yang ingin memesan dapat langsung datang ke rumah kami di Jalan Sultan Syahrir Kelurahan 3 Ilir Kecamatan Ilir Timur II Palembang,” pungkasnya.

Laporan : Andrean
Editor/Posting : Imam Ghazali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here