Melalui Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat, Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Unsri Gelar Pelatihan Pembuatan Modul Elektronik se-Kabupaten Ogan Ilir

0
9

Kliksumatera.com, INDRALAYA- Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat, Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya dengan tema “Pelatihan Pembuatan Modul Elektronik Berbantuan Kecerdasan Buatan untuk MGMP IPA se-Kabupaten Ogan Ilir” di Laboratorium Fisika FKIP UNSRI, Indralaya, Kamis (29/8) lalu.

Dalam era digital yang semakin maju, penggunaan teknologi dalam pendidikan telah menjadi sebuah kebutuhan. Pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran tidak hanya memudahkan para pendidik dalam menyampaikan materi, tetapi juga memberikan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan menarik bagi siswa. Salah satu inovasi terbaru yang kini semakin mendapatkan perhatian adalah pengembangan modul elektronik berbantuan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI).

Menyadari pentingnya inovasi ini, Tim pengabdian dari Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya telah melaksanakan pelatihan untuk para guru IPA Se-Kabupaten Ogan Ilir di Laboratorium Fisika FKIP UNSRI, Indralaya, Kamis (29/8). Pelatihan ini bertujuan untuk membekali para guru dengan keterampilan dalam mengembangkan dan memanfaatkan modul elektronik berbantuan AI. Dengan adanya pelatihan ini, diharapkan para guru mampu menyusun materi ajar yang lebih efektif, interaktif, dan sesuai dengan kebutuhan siswa masa kini.

Kegiatan pelatihan ini diketuai oleh Dr. Hamdi Akhsan, M.Si, dengan menghadirkan narasumber dari alumni Pendidikan Fisika yakni Dwi Purnomo Aji, S.Pd. Kegiatan ini juga dihadiri oleh ketua jurusan pendidikan MIPA yaitu Dr. Ketang Wiyono, S.Pd.,M.Pd., untuk membuka kegiatan pelatihan tersebut. Ketang juga memberikan ucapan apresiasi kepada tim Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) pendidikan fisika yang telah berhasil mengadakan kegiatan PKM ini.

Selain itu, acara ini juga didukung oleh tim dosen, yaitu Ibu Melly Ariska, S.Pd, M.Sc, dan Dra. Murniati, M.Si, serta tim pendukung lainnya yang terdiri dari Iful Amri,S.Pd., M.Si., Atika Agustina, Nabila Putri Maulida, Siska Mutiara, Arriqa Azzahrah, Bina Fadhilah, dan mahasiswa lainnya.

Adapun peserta kegiatan pelatihan ini berjumlah 33 orang yang merupakan guru-guru IPA yang tergabung dalam MGMP Kabupaten Ogan Iliryang diketuai oleh Yenita, S.Pd., M.Pd.

Dalam kegiatan ini salah satu Guru dari SMPN 2 Indralaya Utara menyampaikan respon yang positif “Dengan adanya kegiatan ini, kami memperoleh banyak pengetahuan baru dan menyadari bahwa ada begitu banyak teknologi yang dapat diterapkan dalam pembelajaran saat ini,” ujar Ikhwani, S.Pd.

Kegiatan ini diawali dengan penyampaian materi tentang kecerdasan buatan (AI) oleh Dr. Hamdi Akhsan, M.Si. “AI sekarang sudah bisa digunakan dalam membantu membuat soal, membuat animasi video, dan sebagainya,” jelas Hamdi.

Selanjutnya, Narasumber Aji menyampaikan materi mengenai E-Modul dan membimbing para guru untuk menggunakan Canva dalam membuat E-Modul mulai dari dasar hingga bagaimana menggunakan AI yang ada di dalam aplikasi Canva tersebut. Selain itu, dilatih juga bagaimana membuat video pembelajaran dengan berbantuan AI. Sehingga nantinya para guru dapat membuat E-Modul berbantuan AI terkait materi yang akan diajarkan ke siswa di sekolah. “Modul Elektronik ini bisa membantu guru dan siswa dalam pembelajaran dan juga bisa untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa,” ungkap Aji

Dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini para peserta sangat antusias dan aktif berpartisipasi dalam pelatihan ini. Dengan dilatihnya ini para guru dapat membuat inovasi dalam pembelajaran di sekolahnya. Kemampuan untuk mengembangkan modul elektronik berbantuan AI akan menjadi aset berharga bagi mereka dalam menghadapi tantangan pendidikan di era digital.

 

Sumber : Ril

Posting  : Imam Gazali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here