Askolani Buka Secara Resmi MTQ IX Tingkat Kabupaten Banyuasin

0
553

Kliksumatera.com, BANYUASIN- Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XI Tingkat Kabupaten Banyuasin Tahun 2020 resmi dibuka oleh Bupati Banyuasin Askolani SH MH, Minggu (1/3).

Kegiatan yang diharapkan dapat membumikan Alquran ke seluruh pelosok negeri dan masyarakat dapat mengaplikasikan nilai-nilai yang ada di dalamnya itu digelar di Alun-alun Kota Pangkalan Balai, Minggu (01/03/2020).

Pembukaan disambut dengan shalawat nabi dan lagu-lagu Islami Grup Hadro Al-Hidayah dari Sukajadi Kec Talang Kelapa sekaligus dimeriahkan Nissa Sabyan. Hadir Wakil Bupati H Slamet, Ketua dan Wakil Ketua TP PKK dr Fitri Askolani dan Hj Neni Slamet, Kabiro Kesra Provinsi Ali Sahbana, Wakil Ketua DPRD Ismatudin, anghota Komidi IV Sakri, SH, Kemenag Arkan, Kabag Kesra Salni Pajar serta ribuan masyarakat Banyuasin.

Bupati Banyuasin mengatakan MTQ ini tidak sebatas mendekatkan jiwa umat islam kepada kitab suci Alquran dengan hanya membacanya, akan tetapi mengingatkan agar kita senantiasa berlomba-lomba meningkatkan semangat untuk memahami serta mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Pada kesempatan ini Bupati Banyuasin Askolani berharap kegiatan MTQ Kabupaten kali ini di samping sebagai lomba seni membaca Alquran juga sebagai ajang membina generasi muda untuk lebih mencinta Alquran. Dengan begitu Alquran dapat dibumikan hingga ke pelosok negeri dan menjadikan Banyuasin Religius.

“Dengan membumikan Alquran semoga Banyuasin menjadi kabupaten yang Religius sebagaimana visi dan misi Kabupaten,” ucap Askolani.

Bupati Banyuasin mengatakan MTQ ini tidak sebatas mendekatkan jiwa umat Islam kepada kitab suci Alquran dengan hanya membacanya, akan tetapi mengingatkan agar kita senantiasa berlomba-lomba meningkatkan semangat untuk memahami serta mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Kami mengapresiasi jika MTQ IX ini dijadikan salah satu momentum untuk mewujudkan program Banyuasin Religius, untuk menumbuhkan pribadi masyarakat yang gemar membaca dan mengamalkan isi kandungan Al-Quran,” tegas Askolani.

Selain program Banyuasin Religius seperti gerakan maghrib mengaji, dhuha bersama, kali ini Bupati Banyuasin H Askolani melaunching gerakan baca surah Yasin disetiap malam Jumat. Bupati juga melantik dan mengenakan baju dewan hakim.

Ketua Panitia Pelaksana Dr M Senen Har menyampaikan kegiatan ini MTQ kali ini diikuti oleh 723 peserta yang berasal dari utusan 21 Kecamatan se-Kabupaten Banyuasin, kegiatan MTQ yang digelar selama 6 hari dimulai 1-6 Maret 2020. Memperlombakan beberapa cabang yakni Cabang Tilawah Quran, Cabang Tahfiz dan Tafsir Quran, Cabang Khatil Quran, Cabang Syahril dan Fahmil serta MMQ. Pemondokan peserta ditempatkan di rumah-rumah warga Kelurahan Mulya Agung Kec BA III.

Pemberian hadiah berupa trofi dan piagam, bagi pemenang terbaik akan diikutsertakan MTQ XXIV tingkat Provinsi Sumsel pada April 2020 di Kota Prabumulih. “Saya atas nama Panitia Pelaksana mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah memberikan sumbangsih kepada acara ini,” pungkasnya.

Laporan : Herwanto

Editor/Posting : Imam Ghazali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here