Aliran Air Tanah Gusuran Zafir Land Ancam Bungur Banjir Lumpur

0
924

Kliksumatera.com, BATURAJA- Hujan lebat selama lebih dari dua jam semalam mengakibatkan tanah gusuran Zafir Land di kawasan Bungur RT 11 dan 12 RW 05 Sukajadi dilalui derasnya air bercampur lumpur sehingga membanjiri sekitaran gusuran perumahan Zafir Land.
Melalui pantauan di lapangan, ada sekitar empat rumah yang terkena dampak genangan lumpur tersebut, satu di RT 11, dan tiga di RT 12 dan 13. Aliran banjir lumpur juga hampir menggenangi jalan cor beton Bungur Indah di sampingnya. Jalan tersebut merupakan jalan pintas lalu-lalang yang biasa dilalui oleh warga RT 11 Bungur Indah ke Jalan Lintas.

Ican warga RT 11 yang rumahnya dekat dengan tanah gusuran Zafir Land sekaligus dalam posisi terancam aliran banjir lumpur tersebut meminta agar pihak terkait segera mencari solusi mencegah terjadinya banjir lumpur susulan apalagi sudah memasuki musim hujan. “Harus segera ditangani, kami khawatir kalau hujan deras lagi banjir lumpur tersebut akan menyeberangi jalan di depan rumah dan masuk sampai ke dalam,” ujarnya, Rabu (28/8).

Ketua RW 05 Karnoedin ditemui di lokasi banjir lumpur mengatakan dalam pertemuan di Kantor Kelurahan Sukajadi pada hari Kamis lalu, di hadapan pihak Kelurahan, RT-RW dan warga sekitar kawasan tanah gusuran perumahan Zafir Land, pihak perumahan tersebut berjanji memenui permintaan warga yakni pembuatan siring besar, kolam retensi dan pembersihan siring besar lama. “Tapi permintaan warga sampai sekarang belum ditindaklanjuti. Intinya kami tidak menghambat pembangunan perumahan tersebut, tapi Amdalnya perlu diperhatikan. Kami juga bersama Pihak Kelurahan, pengembang, dan warga sudah meninjau ke lokasi seusai pertemuan tersebut. Kondisi ini harus segera dicari jalan keluarnya apalagi kita sudah memasuki musim hujan, jangan sampai terjadi banjir lumpur lebih besar lagi,” paparnya.

Ratih warga yang rumahnya berada di dekat aliran banjir tanah gusuran Zafir Land mengeluhkan kondisi yang jalan yang penuh lumpur. “Anak saya terpaksa jalan kaki lepas sepatu sebab nak ulangan, jalanan tidak bisa dilalui motor. Sudah itu rumah kami juga terancam longsor. Saya juga sudah menghadap Lurah Sukajadi supaya persoalan ini segera diselesaikan,” cetusnya.

Ketua RT 11 M Akib ditemui di dekat lokasi menegaskan ia sudah melaporkan keadaan yang terjadi di wilayahnya ke pihak perumahan Zafir Land dan Kelurahan. “Insya Allah, keadaan tersebut akan ditindaklanjuti oleh pihak perumahan. Terpenting warga RT 11 jangan terprovokasi,” terangnya.

Lurah Sukajadi Oktarina Rosalina yang meninjau lokasi banjir lumpur mengungkapkan rasa keprihatinannya melihat kondisi yang sedang terjadi. “Saya sangat perhatin sekali melihat kondisi ini. Kami dari pihak Kelurahan Sukajadi akan kejar terus pihak perumahan Zafir Land untuk memenuhi janjinya pada pertemuan lalu untuk membuat siring besar mengelilingi kawasan perumahannya, kolam retensi dan pembersihan siring besar lama.

‘’Hal tersebut berdasarkan janji mereka di hadapan kami dan perwakilan warga beserta RT dan RW sekitar perumahan pada pertemuan di kantor Kelurahan Kamis lalu,” tegasnya.

Lebih lanjut Oktarina akan menginisiasi adanya pertemuan selanjutnya yang melibatkan tiga pihak yakni pihak Perumahan Zafir Land, warga sekitar perumahan dan pihak Kelurahan beserta perangkatnya segera mungkin.

Sementara Staf Lapangan Perumahan Zafir Land, Debi saat dikonfirmasi di Kantor Zafir Land di Jalan Lintas Sukajadi menegaskan pihaknya akan segera menindaklanjuti permasalahan yang terjadi secepat mungkin. “Kami akan meninjau ke lokasi dan segera menindaklanjuti permasalahan ini,” tandasnya.

Laporan : Duan
Editor/Posting : Imam Ghazali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here