Bantuan Untuk Awak Media Murni Prakarsa Bupati Bukan APBD

0
331

Kliksumatera.co.id, KAYUAGUNG- Menanggapi pemberitaan dengan judul “SCW Soroti Dana Yang Diberikan Bagian Humas OKI Ke Awak Media”, yang mana dalam pemberitaan sebelumnya, dari pantauan dan informasi yang dihimpun, Pemkab.OKI tidak hanya berbuka puasa bersama dengan para awak media dan juga LSM yang sempat hadir, namun melalui bagian Humas OKI berinisial (A), para awak media yang hadir diduga diberikan cindera mata berupa uang sebesar Rp 500 ribu per orang.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Eksekutif Sriwijaya Coruption Watch, M. Sanusi SH MM mengatakan, pemberian uang kepada awak media atau wartawan itu boleh-boleh saja asal jelas pos anggarannya dan memang jelas peruntukannya.
Lanjutnya, kalau anggaran tersebut tidak ada dalam DPA tahun 2019, patut diduga dana tersebut siluman dan bisa terkategori masuk dalam gratifikasi, untuk itu pihak Pemkab. OKI atau Bagian Humas OKI yang memberikan atau membagikan dana atau uang kepada para awak media harus transparan darimana dana tersebut berasal.

Mengenai hal tersebut, Pemkab. OKI melalui Kasubag Media dan Komunikasi Publik OKI, Adiyanto SPd, melalui pesan WhatsApp (WA) sekira pukul 17.55 WIB mengatakan pemberian dana bantuan ke awak media tersebut. “Atas prakarsa pribadi Pak Bupati, bukan APBD, jumlahnya boleh konfirmasi dengan teman-teman yang hadir,” terangnya.

Lanjutnya, Bupati memang mengajak insan pers, rekan-rekan LSM dan aktivis sosial untuk silaturahmi melalui buka bersama lalu ada talih kasih yang beliau sampaikan secara pribadi ke teman- teman tersebut.
Untuk jumlah yang hadir kami juga kurang tahu sebab tidak ada absen maupun tanda terima karena acara ini murni silaturahmi. Namun peserta yang hadir cukup mewakili elemen yang ada di OKI diantaranya PWI, IWO, Perwaki serta LSM. Acara juga diisi dengan ceramah agama dan dialog keagamaan dipandu oleh Ustadz Syakroni.

Sementara itu, perwakilan media Bambang Samudera GM Ogan Ekspres mengungkapkan sangat berterima kasih atas undangan silaturahmi dari Bupati OKI ini.

“Aspirasi kawan kawan ingin silaturahmi dengan bupati dan OPD di OKI akhirnya terlaksana. Dengan adanya bukber ini membuktikan awak media bisa bergandengan tangan dengan pejabat OKI, mudah-mudahan ke depan bisa bersama-sama membangun menuju OKI mandiri,” ujarnya.
Demikian klarifikasi dari Kasubag Media dan Komunikasi Publik Pemkab. OKI Adiyanto S.Pd melalui pesan WhatsApp tersebut.

Laporan : Heri
Posting : Imam Ghazali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here