Cegah Banjir, Warga Bungur Gotong Royong

0
408

Kliksumatera.com, BATURAJA- Puluhan warga Bungur Kelurahan Sukajadi yang terdiri dari laki-laki, baik tua maupun muda dengan peralatan seadanya, bahu-membahu membersikan siring sedang dan besar yang ada di kawasan Bungur. Hal tersebut dilakukan warga guna mengurangi volume air yang meluap dari siring tersebut ketika datangnya musim hujan deras yang bisa beresiko terjadinya banjir.

Melalui pantauan di lapangan, warga Bungur yang didominasi warga RT 11 dan dibantu beberapa warga RT 13 Perumahan Praba membersihkan siring besar yang membelah dua kawasan Bungur menjadi dua kawasan, RT 11 dan RT 13. Siring besar tersebut merupakan siring tua yang memiliki panjang kurang lebih satu kilometer dengan lebar sekitar tiga meter dan kedalaman dua meter lebih, dimana membentang dari kawasan Bungur RT 13 hingga ke perbatasan Desa Terusan dengan Kelurahan Sukajadi.

Ditemui di lokasi gotong-royong, Ketua RT 11 M Akib mengatakan kegiatan gotong- royong sengaja dilakukan warga Bungur guna mengantisipasi terjadinya banjir yang sering datang pada musim hujan deras. “Sudah banyak sampah, batu, tanah dan rumput yang memenuhi siring besar ini, jadi kalau tidak dilakukan pembersihan secepatnya, dikhawatirkan ketika terjadi hujan deras siring akan mampet dan air akan cepat meluap dan membanjiri kawasan Bungur. Oleh karena itulah, saya berinisiatif mengajak warga Bungur untuk bersama-sama membersihkan siring besar ini. Alhamdulillah, kita juga mendapatkan bantuan pembersihan siring dengan menggunakan eksavator ringan dari pihak pengembang perumahan Zafir Land,” terang pria murah senyum ini.

Ditanya soal usulan ke pemerintah, M Akib meminta agar pihak pemerintah selain membantu pembangunan jalan di Bungur, juga perbaikan siring besar yang sudah tua dan rusak. “Kami berterima kasih kepada pihak pemerintah yang telah membantu pembangunan jalan di kawasan Bungur ini berupa cor beton. Alhamdulillah, pembangunan hampir selesai. Namun, kami juga berharap agar pihak pemerintah segera memperbaiki siring besar yang ada di kawasan ini, sebab daerah kami ini setiap musim hujan deras sering langganan banjir,” harapnya.

Laporan          : Duan Sipni
Editor/Posting : Imam Ghazali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here