Dalam 24 Jam, DPKP Muara Enim Padamkan Kebakaran di Tiga Lokasi Berbeda

0
248

Kliksumatera.com, MUARA ENIM- Kerja ekstra tersebut seperti yang dilakukan petugas pemadam kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Muara Enim bekerja sama dengan pemadam kebakaran dari perusahaan seperti PT BA. PT Pertamina dan lainnya mendatangi tiga lokasi kebakaran yang waktunya hanya berjarak beberapa jam. Hal itu patut mendapatkan apresiasi. Karena dalam waktu 24 jam terhitung sejak tadi malam hingga pagi tafi (26/6/19) sudah terjadi setidaknya tiga lokasi kebakaran yang terjadi dalam Kabupaten Muara Enim.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Muara Enim Ur Yulius MSi melalui Kasi Penindakan dan kedaruratan Abubakaruddin, bahwa pihaknya telah melakukan pemadam api yang telah menghanguskan sebuah rumah panggung milik Ahmad Rosan (60) bin Mat Banding di Kampung 1 Desa Tanjung Serian Kecamatan Muara Enim pada Rabu 26/6 sekitar pukul 09.00 WIB.

Abubakar mengatakan bahwa, petugas pemadam pada hari ini dan semalam sudah melakukan pemadaman api di tiga lokasi berbeda yakni kebakaran yang melanda pabrik kerupuk milik Carman (66) di Jalan A. Tohir Komplek Vihara Kelurahan Pasar III Muara Enim sekitar pukul. 01.30 WIB. semalam juga terjadi kebakaran di Desa Penanggiran yang menghanguskan rumah milik Dwi Mukti (42) Desa Penanggiran Kecamatan Gunung Megang sekitar pukul 04.30 WIB. Dan pagi ini sekitar pukul 09 pagi terjadi kebakaran di Desa Tanjung Serian kecamatan Muara Enim.

Tak hanya kebakaran petugas kami juga melakukan pembasmian atau menyingkirkan sarang tawon yang hinggap di rumah warga.
“Alhamdulillah dari ketiga kebakaran tersebut tidak ada korban jiwa hanya harta benda dan perabot yang ikut terbakar.

Untuk kerugian di perkirakan mencapai ratusan juta sementara sumber api untuk dua rumah di perkirakan dari arus pendek listrik sementara pabrik kerupuk bersumber dari tungku sisa pembakaran.

Untuk itu, kepada masyarakat Kabupaten Muara Enim diimbau kiranya selalu waspada dan hati-hati terhadap api baik yang bersumber dari listrik, kompor gas, maupun dari sumber lainnya.

Terlebih saat ini kondisi cuaca sudah mulai panas maka dari itu agar selalu diperhatikan sumber api tersebut.
Jika mau bepergian di cek dulu atau dimatikan.ujar Abubakar.

Sementara itu, Kades Tanjung Serian Syeh Rusdi (50) saat di konfirmasi di lokasi kejadian membenarkan kebakaran melanda desa yang telah menghanguskan rumah panggung milik Ahmad Rusan (65) yang berada di kampung 1 Desa Tanjung Serian.

Syeh Rusdi menceritakan bahwa kebakaran tersebut sangat cepat dimana kebetulan dirinya sedang berada di rumah yang hanya berjarak beberapa meter dari rumah korban.

Awal mulanya dirinya menyaksikan langsung ada kepulan asap di atas rumah dan berteriak kepada warga sekitar serta langsung menghubungi pihak pemadam kebakaran.

‘’Api berhasil dipadamkan sekitar satu jam setelah beberapa unit pemadam kebakaran dari Pemkab dan milik PT. BA tiba di lokasi di bantu warga setempat hingga api bisa dikuasai,’’ ungkapnya.

Laporan : Muksin
Posting : Imam Ghazali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here