dr. Sri Fitriyanti Askolani Raih Penghargaan Terbaik II Wanita Inspiratif Tahun 2020

0
368

Kliksumatera.com, BANYUASIN– Penganugerahan Pemilihan Wanita Inspiratif Tahun 2020 kerjasama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan melalui TP PKK Provinsi Sumsel dengan Harian Sumatera Ekspres diselenggarakan di Pendopoan Griya Agung, Selasa (22/12/2020).

Wanita Inspiratif Tahun 2020 adalah salah satu upaya memacu peran TP PKK Kabupaten/Kota untuk terus meningkatkan kerja, kreativitas agar terus menginspirasi banyak wanita yang ada di Indonesia khususnya di Sumatera Selatan.

Ketua TP PKK Kabupaten Banyuasin, dr. Sri Fitriyanti Askolani terpilih Terbaik II Wanita Inspiratif Tahun 2020 kategori PKK. Bentuk kepedulian dan jiwa sosial dr. Fitri sangat tinggi, sehingga beliau langsung berinisiatif mengadakan Forum Sedekah Beras (FSB) di wilayah Kabupaten Banyuasin.

“Forum Sedekah Beras (FSB) ini dalam proses atau pelaksanaanya, tanpa menggunakan anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) sama sekali. Tapi dari donasi donatur yang ingin berbagi dengan masyarakat yang kurang mampu dan sebagainya,” jelasnya.

Forum sedekah beras ini diperuntukkan kepada kaum duafa, yatim piatu, fakir miskin dan pesakitan. Lebih lanjut, dr Sri Fitriyanti Askolani menerangkan kalau Forum Sedekah Beras (FSB) juga membuka donasi khusus untuk yang darurat, misal sakit, rumah roboh, pembangunan wc, dan lain-lain.

Diakuinya kalau keberadaan Forum Sedekah Beras (FSB) ini sendiri sangat membantu masyarakat miskin dan tentu menjadi tempat bagi mereka yang ingin berbuat dan berbagi dengan sesama. “Bukan perkara apa yang diberi dan berapa nominal uang yang kita sedekahkan. Tapi keikhlasan memberi antar sesama serta saling tolong menolong dalam kebaikan dan membantu meringankan beban orang lain yang memerlukan,” ujarnya.

Selain itu, dr. Fitri terus melakukan inovasi seperti Diva (Duta Iva). Seperti diketahui, terbentuknya DIVA dikarenakan di tahun 2018 Kecamatan Betung belum mencapai target pemeriksaan PUS 100 persen.

Sehingga pemeriksaan yang dilakukan Tim IVA Puskesmas Betung Kota di 7 desa di wilayah Kecamatan Betung Baru mencapai 50 persen. Maka dari itu, dr. Fitri bersama dengan Kepala Puskesmas Betung Kota, bersama seluruh kader Posbindu di Kecamatan Betung melakukan pertemuan kader Posbindu IVA di 7 desa dengan melakukan musyawarah untuk melakukan perbaikan program.

Sejak terbentuknya Diva itu, sejak tahun 2019 lalu mendapatkan juara 1 di Desa Sri Kembang, Betung dalam pemeriksaan Iva.Tugas Diva sendiri yaitu melakukan Kurma Diva (Kunjungan Rumah Duta Iva), Motor Jupiter (Motor Jemput peserta Iva yang takut diperiksa).

Atas inspirasi yang telah dilakukan dan dengan penuh semangat membangun, dr. Fitri mendapatkan penghargaan Wanita Inspiratif ini. “Ke depan, saya akan terus berupaya lebih baik lagi dalam memajukan PKK di Kabupaten Banyuasin. Ini adalah awal atau permulaan untuk menjadikan PKK lebih jauh mempunyai peran yang signifikan di masyarakat,” tutupnya.

General Manager Harian Sumatera Ekspres, Hj. Nurseri Marwah melaporkan bahwa Nominasi Wanita Inspiratif ini diikuti oleh 10 (Sepuluh) Kabupaten/Kota dan 7 (Tujuh) Penghargaan yang akan diberikan. “Sinergi Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dengan Media Cetak terjalin sangat baik dengan terselenggaranya Penganugerahan Wanita Inspiratif ini,” jelas Nurseri.

Ketua TP PKK Sumatera Selatan, Febi Lustia Herman Deru menyampaikan bahwa peran wanita sangat penting dalam menompang keluarga dan masyarakat. Peran wanita ini layak untuk mendapat penghargaan yang akan diberikan malam ini.

“Penghargaan ini pada dasarnya untuk semua wanita yang ada di Sumatera Selatan. Selamat bagi para pemenang malam ini. Semoga kedepan dapat terus memberikan yang terbaik,” sampainya.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Selatan, H. Herman Deru, SH memandang dari sisi lain dari penganugerahan Wanita Inspiratif. “Melihat perempuan sebagai sumber kekuatan. Sumber kekuatan baik didalam rumah dan juga di masyarakat. Dihari Ibu, tetaplah memberi sentuhan kekuatan kepada pembangunan Sumatera Selatan. Selamat hari ibu, tetaplah berkarya baik dari rumah maupun di luar rumah,” ungkap beliau.

Laporan : Herwanto
Editor/Posting : Imam Ghazali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here