Festival Pangan B2SA Lahat Tahun 2019 Berjalan Sukses

0
564

Kliksumatera.com, LAHAT – Festival Pangan Lokal, Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman (B2SA) yang diadakan oleh Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lahat, yang bekerja sama dengan Hotel Bukit Serelo Lahat. Diselenggarakannya acara ini, bertujuan agar dapat mendorong kreativitas, inovasi, dan pola konsumsi pangan dengan memanfaatkan sumber daya pangan lokal. Bertempat, di halaman parkir Hotel Bukit Serelo Kabupaten Lahat Selasa, (16/7).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Lahat Cik Ujang SH didampingi Wabup Lahat H. Haryanto SE MM MBA serta asisten, staf ahli, Kadis Ketahanan Pangan H. Hasnul Basri SH MM, Kepala Dinas, Kepala Bagian, Camat se-Kabupaten Lahat, Direktur Hotel Bukit Serelo Lahat Densyahri, Ketua Penggerak TP-PKK Kabupaten Lahat Lidya Wati, S.Hut beserta pengurus, Ibu Ketua Darma Wanita dan juga para peserta festival.

Kadis Ketahanan Pangan, H. Hasnul Basri pada kesempatan tersebut menyampaikan, para peserta festival pangan lokal B2SA tingkat Kabupaten ini, merupakan tim penggerak TP-PKK di 24 Kecamatan di Kabupaten Lahat. Terselenggaranya kegiatan tersebut, atas kerja sama Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lahat dengan pihak Industri kuliner pangan lokal serta juga industri rumah tangga atau industri mikro kecil dan menengah.

Tak hanya itu saja, ditambahkan Hasnul, dimana tim juri festival pangan lokal B2SA dalam hal ini, merupakan Ahli Teknologi Pengolahan Pangan. Di antaranya, Ahli Gizi dua orang, Ahli Boga dua orang dan pelaku usaha pangan lokal dua orang serta juga dari media massa satu orang.

“Penilaian pada festival pangan lokal B2SA kali ini, sudah dilaksanakan pagi tadi dan peserta juara sudah ditentukan sesuai dengan hasil penilaian para juri,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Ketua Penggerak TP-PKK Kabupaten Lahat Ibu Lidya Wati, juga mengatakan, Kabupaten Lahat ini, merupakan daerah yang kaya akan sumber daya alam. Salah satunya pemanfaatan sumber daya pangan ini, yang dinilai sangat penting untuk mewujudkan sumber daya manusia yang Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman (B2SA).

“Diselenggarakan acara ini, yang bertujuan untuk mendorong penerapan konsumsi pangan beragam, bergizi, seimbang, dan aman. Dengan memanfaatkan olahan pangan lokal ini, dapat mendukung kreativitas dan inovasi dalam pengembangan olahan pangan lokal yang bernilai komersial.

“Saya, mengucapkan selamat kepada ibu-ibu peserta yang telah mengikuti festival ini. Dan semoga, melalui kegiatan ini dapat bermanfaat ke depannya,” ujar Ketua TP-PKK Kabupaten Lahat tersebut.

Senada, Bupati Lahat Cik Ujang, SH yang sekaligus pembuka Festival Pangan Lokal Tahun 2019 tersebut mengatakan, pemerintah saat ini baik pusat maupun daerah sedang serius menangani pembangunan ketahanan pangan, sesuai yang diatur dalam UU No 18 Tahun 2012 tentang pangan dan juga Perpres No.83 Tahun 2006 tentang dewan ketahanan pangan serta Perpres No 22 Tahun 2009 tentang kebijakan percepatan penganekaragaman konsumsi pangan yang berbasis sumber daya lokal.

Ditambahkannya, pada kesempatan ini juga saya mengucapkan selamat kepada ibu-ibu yang telah berpartisipasi mengikuti festival ini. Dengan harapan kegiatan ini bisa bermanfaat, sehingga dapat menambah aneka ragam pangan di Kabupaten Lahat ini. Ia juga berharap kepada dinas terkait, untuk dapat terus mengembangkan konsumsi pangan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman yang berbasis sumber daya lokal.

“Diharapkan setelah kegiatan festival ini, keinginan untuk mengonsumsi dan mengembangkan pangan B2SA semakin meningkat,” tutupnya.

Laporan : Ferdy
Editor/Posting : Imam Ghazali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here