Generasi Anti Narkotika Nasional (GANN) OKU Kini Bersekretariat di Samping Lantas Kemalaraja

0
869

Kliksumatera.com, BATURAJA- Setelah konsolidasi pembentukan kepengurusan kabupaten selama kurang lebih satu bulan, (Dewan Pimpinan Cabang) DPC OKU GANN menetapkan kesekretariatannya berpusat di ruko lantai dua yang beralamat di Jalan HS Simanjuntak No 01 Samping Satlantas Kelurahan Kemalaraja, Baturaja Timur.

Organisasi anti narkoba yang sudah memiliki SK Kemenkumham dan Akta Notaris ini, untuk DPC OKU sendiri diketuai Yetti Asmarayani dan sebagai sekretarisnya Betri Ayu Widyawati.

Ditemui di kesekretariatannya, Ketua DPC GANN OKU Yetti Asmarayani didampingi beberapa orang pengurus GANN lainnya mengatakan dengan tempat kesekretariatan yang berada di lokasi strategis dan di tengah kota diharapkan semua aktivitas organisasi GANN OKU lebih mudah dan lancar. “Terlebih juga mempermudah bagi masyarakat OKU yang ingin membutuhkan bantuan GANN,” ujar wanita yang akrab dipanggil Asmara ini.

Selanjutnya Asmara menjelaskan apa itu organisasi GANN. Menurutnya, GANN merupakan sebuah Lembaga yang berbasis massa serta program lahir dan berangkat dari rasa sayang yang teramat dalam dan penuh keprihatinan bagaikan orang tua terhadap anak, cucu, dan semua masyarakat yang ada di muka bumi ini. Dimana setiap orang tua Pasti menginginkan anak cucunya sukses di kemudian hari.

“Namun dengan fenomena dan keadaan yang ada sekarang ini di Indonesia yang sudah dinyatakan darurat narkoba maka mustahil akan terwujud semua cita-citanya. Jika kita semua masyarakat tidak berbuat sesuatu untuk mulai menata kebaikan bersama-sama dari semua lapisan elemen dan masyarakat jadi siapa lagi. GANN adalah Lembaga Khusus yang Istimewa. Pertanyaannya Kenapa khusus dan Istimewa?’’ ujarnya seraya bertanya.

Sebab GANN adalah lembaga milik kita semua yang berbasis massa serta program dari semua lapisan dan elemen masyarakat. ‘’Dimana kita mengharapkan seluruh lapisan elemen dan masyarakat untuk bersama-bersama menumpas peredaran dan penyalahgunaan narkoba,” terangnya.

Lebih lanjut Asmara menambahkan tujuan dibentuknya GANN untuk membantu program pemerintah dalam hal pencegahan pemberantas penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba. Minimal di lingkungan terdekat kita sendiri agar generasi penerus kita yang merupakan anak cucu kita bisa menjadi generasi emas yang bermanfaat untuk keluarga dan negara yang bebas dari narkotika. “GANN berfungsi memberikan pemahaman dan penyuluhan kepada masyarakat terutama kepada siswa-siswi SD, SMP, SMA, dan lainnya agar mengetahui bahaya daripada penggunaan narkoba sejak dini serta memberikan sesuatu kesibukan buat generasi bangsa agar bisa lebih mandiri baik disibukkan dengan kegiatan kesenian, kebudayaan, keterampilan ataupun pekerjaan yang positif. Oleh karena itu wewenang GANN membantu meringankan tugas semua aparat dan instansi-instansi terkait dalam penanganan dan penanggulangan permasalahan narkotika.

Serta, membangun sinergitas yang baik dengan instansi-instansi pemerintah yang terkait termasuk dengan Polri ataupun BNN.

Asmara berharap dengan hadirnya GANN di OKU akan mampu bersinergi dengan pemerintah dalam mewujudkan OKU yang sehat tanpa narkoba.

Laporan          : Duan Sipni
Editor/Posting : Imam Ghazali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here