HKSN Masa Kini, Instrumen Kesejahteraan Masyarakat dengan Peduli dan Berbagi

0
608
Kebersamaan Wapres KH Ma'ruf Amin dan Mensos Juliari P Batubara dalam acara Peringatan HKSN ke-62 tahun 2019 di Banjarbaru, Kalimantan Selatan. (foto: fb)

Kliksumatera.com, BANDARLAMPUNG — Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin mengharapkan agar nilai-nilai kesetiakawanan sosial tetap kuat sebagai modal sosial untuk membangun bangsa menuju masyarakat yang lebih sejahtera.

Praktiknya di masa kini, kata Wapres, Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) harus dimaknai sebagai instrumen menuju kesejahteraan masyarakat melalui gerakan peduli dan berbagi oleh, dan dari masyarakat, baik sendiri-sendiri maupun secara bersama.

“Berdasar nilai kemanusiaan, kebersamaan, kegotongroyongan dan kekeluargaan yang dilakukan secara terencana, terarah dan berkelanjutan menuju Indonesia sejahtera,” katanya.

Wapres Ma’ruf menyampaikan hal itu terkait peringatan HKSN ke-62 tahun 2019 bertema Kesetiakawanan Sosial Menembus Batas, yang tahun ini dipusatkan di Banjarbaru, Kalimantan Selatan (Kalsel).

Dikutip dari akun ofisial media sosialnya, Wapres hadir didampingi oleh Wury Estu Handayani Ma’ruf Amin, Menteri Sosial Juliari P Hutabarat, Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, bupati/walikota, Forkopimda setempat.

“Peringatan hari kesetiakawanan sosial adalah sarana untuk membangun ingatan kolektif seluruh elemen masyarakat Indonesia tanpa kecuali, agar nilai-nilai kesetiakawanan sosial tetap kuat sebagai modal sosial untuk membangun bangsa menuju masyarakat yang lebih sejahtera,” ujar Wapres.

“Terima kasih kepada Menteri Sosial dan Gubernur Kalimantan Selatan yang telah menyelenggarakan acara ini sehingga kita dapat bersilaturahmi bersama,” tegasnya, seraya menyerahkan Penganugerahan Tanda Kehormatan Satyalancana Kebaktian Sosial, usai pembacaan Keppres oleh Karo Gelar Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan Setmil Presiden, Laksamana TNI Imam Suprayitno.

Sementara, Menteri Sosial Juliari P Batubara menyatakan, Kesetiakawanan Sosial Nasional adalah milik seluruh bangsa Indonesia. Dari itu, keterlibatan segenap komponen bangsa sangat diharapkan.

Melalui akun media sosialnya, Jumat pagi (20/12/2019), Mensos ke-30 Indonesia ini menggugah seluruh bangsa Indonesia untuk saling bersinergi membangun kesejahteraan sosial dan kemanusiaan demi Indonesia Maju.

“Mari kita saling sinergi, saling mengisi, melengkapi kekurangan, membangun kekuatan bersama untuk pembangunan kesejahteraan sosial dan kemanusiaan untuk Indonesia yang lebih maju,” tulis menteri yang juga Wakil Bendahara Umum DPP PDIP 2019-2024 ini.

Laporan          : Muzzamil
Editor/Posting : Imam Ghazali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here