Jelang Pilkada, Pemprov Sumsel Gelar Deklarasi Damai

0
236

Kliksumatera.com, PALEMBANG- Pemprov Sumsel menggelar Deklarasi Damai menjelang Pesta Demokrasi Pemilihan Kepala Daerah Serentak di 7 Kabupaten dan Kota di Provinsi Sumatera Selatan.

Hadir pada acara tersebut Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Provinsi Sumatera Selatan, Penyelenggara Pemilu, dan Pimpinan Partai Politik. Acara digelar di Hotel Harper Palermbang, Kamis (14/8/20).

Gubernur Sumsel H Herman Deru ketika diwawancarai usai silaturahmi dengan FKPD Provinsi Sumatera Selatan beserta Pimpinan Partai Politik, KPU, Bawaslu dan BIN mengatakan bahwa tadi sudah diselenggarakan dan sempat komunikasi dengan Forkompinda bahwa Deklarasi Damai ini harus diinisiasi. Baik pada tingkat parpolnya maupun tingkat penyelenggaraannya.

”Saya juga kaget ternyata setelah saya cari tahu baru Provinsi Sumatera Selatan yang menyelenggarakan deklarasi damai ini. Karena pelanggaran pemilu ini sendiri ada dua hal. Yakni ada pelanggaran kepatutan dan kepatuhan. Apabila sudah masuk ke dalam tahapan pencalonan nanti itu sudah masuk ke dalam ranah Bawaslu dan KPU yaitu Pidana Pemilu,” jelas Gubernur.

Juga patut disyukuri, sebab Provinsi Sumatera Selatan termasuk zero konflik yang terpelihara. Kondisi ini harus digagas dan tidak bisa damai itu kita diamkan dengan sendirinya karena fluktuasi politik di lapangan itu terkadang tidak terdeteksi. ”Maka, saya meminta kepada Pak Pangdam dan Kapolda agar organ yang dimiliki diawali dengan netralitas terlebih dahulu. Setelah itu saya juga meminta kepada penginderaannya dimanfaatkan dengan baik, termasuk penglihatannya, perabaannya, bahkan Kabinda juga tadi sudah saya sampaikan bahwa lebih baik kita menjaga jangan sampai terjadi konflik,” tandas Gubernur.
Sedangkan untuk masa jabatan 7 kepala daerah di Provinsi Sumatera Selatan, Gubernur mengatakan bahwa rata-rata Bupati yang mencalonkan diri dan maju sebagai Calon Kepala daerah di 7 kabupaten yang berakhir pada 17-18 Februari 2021. Jadi Kepala Daerah yang mencalonkan diri wajib mengajukan cuti.

Laporan : Andrean
Editor/Posting : Imam Ghazali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here