Kantor Bahasa Lampung “Berlari”, Gagas Kerja Sama Bareng Unila dan TVRI

0
368

Kliksumatera.com, BANDARLAMPUNG — Bekerja dalam senyap. Kantor Bahasa Lampung, unit pelaksana teknis (UPT) Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), menandai kinerja awal tahun dengan menjalin kerja sama sinergis dengan dua institusi strategis.

Yakni, kerja sama bidang kebahasaan dan kesastraan, menggandeng pihak Universitas Lampung (Unila), dan kerja sama penyiaran pembinaan kebahasaan dan kesastraan dengan Lembaga Penyiaran Publik (LPP) TVRI Stasiun Lampung.

Secara terpisah, Kepala Kantor Bahasa Lampung, Yanti Riswara H.Hum, melakukan penandatanganan kesepakatan kerja sama itu bersama kedua mitranya, Rektor Unila Prof Dr Karomani MS, dan Plt Kepala LPP TVRI Stasiun Lampung Suryadi SSos, di Bandarlampung, Rabu (22/1/2020) lalu.

Dikutip Jum’at (24/1/2020), dari bebunyian unggahan akun ofisial media sosial Kantor Bahasa Lampung, dua kesempatan berbeda itu Yanti mengungkap beberapa program.

Yakni, terkait soal rencana penggunaan bahasa di ruang publik, dan rencana pemberian penghargaan kepada lembaga pemerintah maupun swasta yang menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

“Kami dan Unila dalam waktu dekat akan menjalin kerja sama bidang kebahasaan dan kesastraan, sebagai wujud implementasi UU 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan, dan Perpres Nomor 63 Tahun 2019 tentang Penggunaan Bahasa Indonesia,” ujarnya saat meneken kesepakatan bareng Rektor Unila.

Ulam pun tiba, Rektor Unila Prof Dr Karomani menyambut baik tawaran Kantor Bahasa. “Kerja sama program ini diharapkan menjadi role model bagi universitas lain,” singkat Guru Besar Ilmu Komunikasi Sosial Unila yang juga seorang sarjana linguistik ini.

Sementara, terkait penandatanganan kontrak kerja sama program penyiaran pembinaan kebahasaan dan kesastraan bersama TVRI Lampung, Yanti Riswara berharap agar kelak dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan penggunaan bahasa Indonesia, serta minat masyarakat untuk terus menjaga serta melestarikan bahasa dan sastra Lampung.

Kantor Bahasa Lampung pun terpantau terus berbenah untuk mendekatkan diri kepada masyarakat Bumi Ruwa Jurai. Terbaru, akun Twitter @KantorBahasaLpg hadir menyapa #SahabatBahasa, sebutan bagi warganet setianya, menyusul akun Instagram yang telah ada sebelumnya.

Laporan : Muzzamil
PostingĀ  : Imam Ghazali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here