Kasat Binmas Polres Banyuasin Talk Show Lewat Radio Suara Banyuasin

0
309

Kliksumatera.com, BANYUASIN – Acara Talk Show Interaktif dengan tema “Merajut Kebangsaan dalam Bingkai NKRI” menghadirkan narasumber Kasat Binmas Polres Banyuasin AKP Hipni di Radio Suara Banyuasin.
Kegiatan ini bertujuan untuk menjalin tali silaturahmi yang baik dan dinamis dengan pemirsa Radio Suara Banyuasin.

Selain itu, menerima masukan dan aduan dari masyarakat wilayah hukum Polres Banyuasin, menyampaikan pesan-pesan kamtibmas dan masalah radikalisme agar masyarakat paham dan mengerti dan dapat taat dengan aturan aturan yang ada.

Dipandu oleh salah satu penyiar Radio Suara Banyuasin Erika Kamal, Kasat Binmas Polres Banyuasin AKP Hipni Selaku narasumber menyampaikan definisi mengenai permasalahan yang sering terjadi di masyarakat sekarang ini.

Kasat Binmas AKP Hipni dalam penyampaiannya mengatakan bahwa dimana berangkat dari keprihatinan atas munculnya berbagai gejala yang dapat menimbulkan perpecahan. Untuk itu melalui Tlak Show dirinya mengajak masyarakat Banyuasin untuk menjunjung tinggi kebersamaan dan menghargai kebhinekaan dalam bingkai NKRI.

AKP Hipni menyebutkan, salah satu gejala yang menjadi perhatian, yakni munculnya politik identitas. Kemudian isu tersebut memanfaatkan agenda konstitusional, seperti Pemilihan Umum, bahkan kondisi ini disemarakkan oleh banyaknya berita hoax yang dikapitalisasi bahkan terorganisir.

Berita hoax, lanjut AKP Hipni, sengaja digulirkan oleh pihak tertentu dengan tujuan memecah belah bangsa, bukan hanya berkaitan antara orang beragama Islam dengan non Islam, melainkan antarsesama orang Islam pun dibenturkan. “Dan ini sungguh sangat mengkhawatirkan,” tegasnya.

Dirinya menyebut, tiga komponen yang mesti diperhatikan dalam mewujudkan persatuan, seperti nasionalisme sebagai induk dari nilai-nilai kebangsaan, penguatan fungsi, peran Unit Kerja Pembinaan Ideologi Pancasila dan mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila.

“Dalam menguatkan nilai-nilai kebangsaan yakni untuk menguatkan persatuan, dalam bingkai NKRI, berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. “Dengan pilar ke-Indonesiaan yang berakar paada kebhinekaan,” tegasnya.

Terkait dengan tindakan radikalisme yang terjadi jelas AKP Hipni, tidak terlepas dari adanya oknum-oknum atau cara pandang terhadap paradigma lama yang ingin merubah demokrasi yang sudah ada.

“Mengenai Paham radikalisme ini bisa dapat diantispasi secara dini dimana perlunya peran kelurga secara langsung untuk saling memberikan imbauan dan saling mengingatkan kepada setiap keluarga,” ujar Kasat Binmas.

Kapolres Banyuasin AKBP Danny Ardiantara Sianipar, S.IK, mengatakan dengan adanya acara Talk Show Interaktif dengan masyarakat ini bisa membantu dengan mudah permasalahan yang ada Khususnya di wilayah hukum Polres Banyuasin.

Laporan : Wanto
Editor/Posting : Imam Ghazali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here