Kemuliaan Hamba Tidak Ditentukan oleh Status Sosial

0
334

Kliksumatera.com, PALEMBANG- Kemuliaan dan derajat seorang hamba di mata Allah SWT tidak ditentukan oleh status sosial mereka di masyarakat. Bukan PNS, Pejabat, Pedagang, ataupun pengangguran yang menyebabkan kemuliaan itu. ‘’Tapi semuanya karena ketakwaan kepada Allah SWT yang menyebabkan mulianya seorang hamba,’’ ujar Dr. dr. H.M. Zulkarnain, Sp. KK selaku Khotib Shalat Idul Fitri 1440 H di Masjid Al Ghazali Unsri Jalan Srijaya Negara Palembang, Rabu (5/6).

Dan ketakwaan tersebut didapat hamba dengan salah satunya mengerjakan puasa Ramadhan sesuai ketentuan yang ada. ‘’Puasa Ramadhan menempah seorang hamba untuk menjadi mulia. Selama sebulan penuh berpuasa, setiap hamba ditempah untuk menjadi orang yang mulia,’’ ujar Zulkarnain yang juga Pembantu Rektor III Unsri.

Shalat Id tahun ini di Masjid Al Ghazali diimami oleh Rektor Unsri Rektor Unsri Prof. Dr. Ir. H. Anis Saggaff, MSCE yang diikuti oleh ribuan jemaah.

Sebelum pelaksanaan Shalat Id, Ketua Masjid Al Ghazali Prof. H. Imron Zahri menyampaikan laporan kegiatan selama bulan Ramadhan. Yakni mulai Shalat Tarawih dan Witir lalu Kultum, Iktikaf, Khataman, dan pengelolaan zakat sampai kepada malam terakhir bulan Ramadhan berupa pembacaan barzanji/marhaban hingga malam takbiran

‘’Untuk zakat, tahun ini pengurus menerima Zakal Mal sebesar Rp 19.550.000, Zakat Fitra Uang Rp 10.825.000, Infak Rp 390.000, Fidya Uang Rp 200.000, dan Zakat Fitrah Beras sebanyak 518 kg. Semua zakat tersebut telah disalurkan kepada 450 penerimanya. Terima kasih atas kepercayaan jemaah yang telah menyalurkan infak, zakat, dan sedekahnya,’’ ujar Prof. Imron.

Selain itu, secara legowo juga, Prof. Imron menyampaikan masukan dan saran dari jemaah selama ini. ‘’Kami selaku pengurus akan terus berupaya untuk memperbaiki sarana dan prasarana yang ada, tanpa terkecuali yang berkenaan dengan ibadah macam imam shalat fardu dan lainnya,’’ tegas Imron.

Usai pelaksanaan Shalat Id, pengurus dan warga Kompleks Dosen Unsri menggelar acara silaturahmi dan halal bilhalal di pelataran dan halaman masjid.

Posting/Laporan : Imam Ghazali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here