Ketua TPKK Kecamatan Tanjung Tebat Sambangi Balita 15 Bulan Idap Sakit Syaraf

0
167

Kliksumatera.com, LAHAT- Nety Selpianti Amkep tampak terenyuh melihat kondisi MN (15 bulan) putra dari pasangan Nopri dan Rola warga Desa Tanjung Kurung Ilir Kecamatan Tanjung Tebat, dengan kondisi secara kasat mata sehat, tubuh gemuk. Namun tidak sesuai dengan umurnya hanya berbobot 6 kilogram serta kembarannya sudah bisa jalan dan lincah.

Keluarga ini sangat memprihatinkan tinggal di pondok berukuran 3 × 4 berdinding bambu dengan peralatan seadanya, Nopri sehari-harinya pekerja buruh tani. Mengetahui hal itu, maka Nety didampingi Ketua TPKK Desa se- Kecamatan Tanjung Tebat, Staf Kecamatan dan Tim Medis Puskesmas pun melihat kondisi MN. Rombongan disambut Kadus Desa Tanjung Kurung Ilir, Selasa (19/1/21).

Menurut Lia selaku Bidan Puskesmas Tanjung Tebat, diketahuinya MN ini baru sekitar 3 bulan terakhir karena keluarga ini baru pindah dari Pagaralam. Bidan Lia curiga dengan kondisi MN yang memprihatinkan setelah melihat KMS (kartu menuju sehat) mempunyai tanda merah. Ini berarti kondisi memprihatinkan, kemudian dikoordinasikan ke Puskesmas Tanjung Tebat.

Hal senada dikatakan Ketua TPKK yang juga seorang Tenaga Medis di Kecamatan Tanjung Tebat mengungkapkan bahwa, sesuai dengan arahan Ketua TPKK Kabupaten Lahat Ny Lidyawati Cik Ujang SHut, setiap anak yang dalam kondisi tidak stabil atau stunting harus segera ditangani dengan serius. MN ini sudah dirujuk ke Palembang di cek IEG (rekam syaraf) dan hasilnya sangat buruk. ”Inshaa Allah dalam waktu dekat akan kita rujuk kembali ke Palembang untuk direkam syaraf lanjutan MRI (rekam syaraf). Semoga Muhamad Nuri atau MN ini cepat sembuh hingga sama seperti kembarannya,” tandas Ketua TPKK Tanjung Tebat.

Laporan : Kerbay Mulak
Editor/Posting : Imam Ghazali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here