Kini Pagaralam Miliki Rumah Produksi Bubuk Kopi Unggulan

0
368

Kliksumatera.com, PAGARALAM- Walikota Pagaralam Alpian Maskoni SH didampingi sejumlah SKPD meresmikan Rumah Produksi Kopi dan 10 Solar Dry, serta menyerahkan juga bantuan alat produksi saat pascapanen, tepatnya di Kelurahan Candi Jaya Kecamatan Dempo Tengah, (25/01/2021). Yang dihadiri tokoh masyarakat setempat dan ratusan warga menyaksikan peresmian tersebut.

Rumah Produksi Kopi dan Solar Dry adalah bantuan dari Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Sumatera Selatan (BPPWSS) yang merupakan program dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, yang dikenal dengan nama Program KOTAKU. Tujuannya semata untuk meningkatkan kualitas hasil produksi kopi masyarakat Kota Pagaralam.

Pemerintah Kota Pagaralam tentu saja menyambut baik program ini, dengan melengkapi kebutuhan Rumah Produksi Kopi dan Solar Dry, dengan memberikan bantuan alat produksi pascapanen. Berupa Mesin Roasting Kapasitas 3 Kilogram, mesin Pengemas Produk Kopi, Mesin Pulper, Mesin Giling Kopi, Mesin Bubuk Kopi, dan Genset.

Dalam sambutannya Walikota Pagaralam Alpian Maskoni SH sangat menyambut baik Program Rumah Produksi Kopi dan Solar Dry tersebut. Walikota juga meminta Rumah Produksi Kopi dan Solar Dry dapat segera beroperasi dan dimanfaatkan masyarakat melalui Lembaga Keswadayaan Masyarakat (LKM) Maju Bersama, dengan menghasilkan produk olahan kopi yang berkualitas dan memiliki nilai tambah lebih tinggi dari sebelumnya.

Sejak kepemimpinanya lanjut Walikota, saat ini sedang memprioritaskan peningkatan kualitas maupun kuantitas hasil produksi kopi masyarakat, antara lain adanya program bantuan stek kopi dan bantuan alat produksi pascapanen. Wako berharap adanya Rumah Produksi Kopi dan Solar Dry ini, dapat menghasilkan kopi yang berkualitas dan bersaing dengan kopi daerah lain, sehingga penghasilan petani kopiĀ  meningkat dan kesejahteraan masyarakat terus membaik.

Laporan : PGa 09
Editor/Posting : Imam Ghazali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here