KPU Bangka Gelar Simulasi Pencoblosan Pemilu 2019

0
182

Kliksumatera.com, BANGKA- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka menggelar acara simulasi pemungutan dan penghitungan suara pemilihan umum tahun 2019 berlangsung di Gedung Sepintu Sedulang Sungailiat, Rabu (10/4).

Simulasi dilakukan menyerupai kondisi pada hari H, dengan melibatkan petugas KPPS,PAM TPS, PTPS, saksi, dan pemilih.
Pencoblosan dimulai pukul 07.00 sampai 13.00 WIB dan dilanjutkan proses penghitungan suara.

Ketua KPU Bangka M.Hasan melalui Iman Supiar Komisi Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu menyampaikan bahwa dalam kegiatan ini pihaknya juga melakukan simulasi situng atau proses penghitungan suara.

‘’Kami meminta kepada seluruh peserta dapat mengikuti proses simulasi ini sampai selesai. Yang mana selain hari ini belajar bersama kita juga, ingin menghilangkan anggapan jika dalam pemilu ini akan memakan banyak waktu,’’ ujarnya.

Bahwa proses penghitungan suaranya tidak akan membutuhkan waktu yang cukup lama apabila mengikuti arahan dan pelatihan yang sudah disederhanakan.

Kita sudah mendapat bimbingan teknis (bimtek) dari pusat untuk menyederhanakan dan memaksimalkan hak pilih masyarakat untuk benar-benar tersalurkan.

Menurutnya, masyarakat akan diberikan kelonggaran supaya dapat menyampaikan haknya secara konstitusioner.
Artinya dengan adanya beberapa kegiatan di Minggu kemarin menjadi pelajaran yang sangat penting agar pada saat nanti pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara tidak menemukan banyak kendala.

‘’Diharapkan, dengan kegiatan sosialisasi ini kita dapat mengukur berapa waktu yang dibutuhkan dari setiap orang saat di bilik suara. Untuk satu orang dibutuhkan waktu minimal kira-kira 4 menit untuk melakukan pencitraan. Jadi 4 bilik suara untuk setiap TPS dibagi 300 pemilih diperkirakan waktu cukup,’’ tambahnya.

Dengan pemahaman dan pengetahuan yang sama akan tumbuh rasa optimisme, jangan sampai mengeluh berat sebelum hari pelaksanaan dan sejauh peraturannya dijalankan, tidak dilanggar semuanya akan berjalan secara ringan dalam proses pelaksanaan.

‘’Semoga bagi semua peserta yang hadir hari ini dapat mendapatkan pelajaran yang sama, agar pada pelaksanaan di hari H tanggal 17 April 2019 dapat berjalan dengan lancar dan baik,’’ pungkasnya.

Laporan : Suyanto
Editor/Posting : Imam Ghazali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here