KUA Banyuasin III Pimpin Nikah Kantor Ani Maretha dengan Dafit

0
336

Kliksumatera.com, BANYUASIN – Penghulu Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Banyuasin III Saibi, S.Ag., M.Si memimpin pernikahan antara Ani Maretha dengan Dafit Ternando Jumat (07/02). Keduanya berasal dari Kelurahan Kedondong Raye Kecamatan Banyuasin III Kabupaten Banyuasin.

Pernikahan berlangsung khidmat yang dilaksanakan di ruang Balai Nikah KUA Kecamatan Banyuasin III Kabupaten Banyuasin. Sepasang suami isteri tersebut secara bergiliran diminta Saibi untuk membaca Dua Kalimah Syahadat, surat Al-Fatihah dan surat Al-Ikhlas, kemudian Penghulu menyampaikan khutbah nikah.

“Dalam membina rumah tangga harus diawali dengan niat yang baik, yaitu untuk meraih ridha Allah Subhanahu wa Ta’ala. Dari niat yang baik maka tujuan pernikahan untuk meraih keluarga yang sakinah mawaddah wa rahmah akan tercapai,” jelas pria yang biasa mengisi ceramah agama di wilayah Banyuasin ini.

Ia juga mengingatkan agar kedua mempelai saling mempercayai sebagai sepasang suami isteri bila menginginkan keluarga yang langgeng. Keretakan rumah tangga, menurutnya, berawal dari saling ketidakpercayaan antara suami dan isteri.

Saibi yang juga selaku Kepala KUA Banyuasin III ini menyebut bahwa di tahun 2020 ini dari bulan Januari sudah ada 5 pasang catin yang sudah melaksanakan nikah kantor dan di bulan Februari yang melaksanakan nikah kantor pada hari ini untuk yang ke-6 kalinya.

Dirinya juga mengatakan bahwa KUA Banyuasin III kini sudah mempunyai Balai Nikah berikut fasalitas lainnya dan hanya saja belum memiliki AC dan Sound Sistem. “Sayangnya ruangan Balai Nikah kita belum memiliki AC dan Sound Sistem dan kita berharap ada bantuan dari Pemerintah Kabupaten Banyuasin,” imbuhnya.

Sementara itu bagi keluarga mempelai, pernikahan dilakukan di Balai Nikah biar lebih mudah karena yang terpenting adalah proses akad nikahnya sah. Adapun mengenai walimatul ‘ursy akan mereka rundingkan kembali antara kedua keluarga mempelai pria dan wanita.

Di akhir prosesi akad nikah, Penghulu Saibi langsung memimpin doa untuk keberkahan sepasang suami isteri. Setelah itu diserahkan kutipan Akta Nikah yang diabadikan dengan foto bersama keluarga.

Laporan : Herwanto
Editor/Posting : Imam Ghazali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here