Mantan Ketua KUD Noman Baru Promosikan Produksi Minyak Serai Sendiri

0
406

Kliksumatera.com, MURATARA- Banyak cara untuk meningkatkan perekonomian keluarga. Hal itu sebagaimana yang dilakukan oleh mantan Ketua Koperasi Unit Desa (KUD) Noman Baru Kabupaten Muratara, Muhazoni. Dia kini berhasil memproduksi sendiri minyak serai yang bermanfaat untuk obat masuk angin, gatal-gatal, dan agar terhindar dari gigitan nyamuk.

Usaha Muhazoni sebagai petani serai sudah digelutinya sejak tahun 2017 dan hasilnya alhamdulillah hasilnya lumayan. Dari tanaman 20 ribu batang serai yang ditanam waktu itu, beberapa bulan kemudian hingga sekarang bisa dipanen rutin setiap dua bulan sekali.
Selain bumbu sayur yang dijual perkilo ataupun per-ikat, Muhazoni pun menyuling sendiri minyak serai. Meski hasilnya masih sedikit, namun tetap bisa menambah hasil ekonomi keluarga.

Lalu, di tahun 2020 ini melalui Kelompok Rukun Tani Desa Noman Baru yang diketua oleh Ibrahim, Muhazoni akan mendapatkan bantuan alat penyulingan berkapasitas 1 ton dari Dinas Perkebunan dan Pertanian Kabupaten Muratara.

Dengan bantuan alat tersebut, jelas menambah semangat Muhazoni untuk menambah hasil produksi minyak serainya. Namun bantuan alat suling itu belumlah dapat dimaksimalkan karena terkendala hal-hal lain. ”Saat ini saya masih terhambat oleh modal untuk membeli botol kemasan minyak serai dan administrasi lainnya,” aku Muhazoni apa adanya, Rabu (11/1/2020).
Meski adanya kendala seperti itu, namun Muhazoni tetap memproduksi minyak serainya meski dalam jumlah yang terbatas.

Kini, tak hanya Muhazoni yang memulai usaha minyak serai tersebut, tapi warga lain pun melakukan hal yang sama. Apalagi Ketua DPRD Muratara Efriyansah SSos akan membangun akses jalan supaya jalan menuju perkebunan serai itu bisa lebih lancar, sehingga mempermudah petani saat ke kebun dan saat panen nantinya.

Laporan : Junaidi
Editor/Posting : Imam Ghazali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here