Mengintip Rencana Kerja Sama IJTI Pengda Lampung dan IIB Darmajaya

0
318
IJTI Pengda Lampung jajaki kerja sama strategis dengan IIB Darmajaya, saat bersua Rektor Firmansyah YA di kampus setempat Jl ZA Pagaralam Kedaton Bandarlampung, Kamis (16/1/2020). | IIB Darmajaya

Kliksumatera.com, BANDARLAMPUNG – Pengampu sukses gelaran nasional Festival Film Mahasiswa Indonesia (FFMI) 2019, Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya, serius menjajaki kerja sama strategis bersama Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Pengurus Daerah (Pengda) Lampung, di bidang pelatihan dan pengabdian kepada masyarakat.

Bentuk kerja sama nanti antara lain fasilitasi wadah kreasi, pelatihan jurnalistik televisi, dan transfer of knowledge bagi mahasiswa.

Saat dikunjungi Ketua IJTI Pengda Lampung Hendri Yansyah (Radar TV), didampingi Fitri Amalia/Radar TV (wakil ketua), Masmuroh/Radar TV (wakil bendahara), Pujiansyah/tvOne (sekretaris), dan Ruslan AS/I-News TV (anggota) di ruang kerjanya, Kamis (16/1/2020), Rektor IIB Darmajaya Dr (Cand) Ir H Firmansyah Yunialfi Alfian MBA MSc menyambut gembira rencana kerja sama.

“Apalagi, Program Studi Desain Komunikasi Visual (Prodi DKV), memang membutuhkan dosen-dosen praktisi yang ahli di bidangnya untuk berbagi ilmu,” ujarnya, didampingi oleh Wakil Rektor III Muprihan Thaib MM.

Banyak karya mahasiswa Darmajaya, utama bidang film yang memang butuh wadah kreasi. “Kami harap IJTI Lampung dapat memfasilitasi,” Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia Wilayah Lampung ini mendedah solusi.

Dia menyebut, kampusnya juga memiliki Komunitas Film Mahasiswa Lampung. “Pembinanya, Wakil Gubernur Lampung Chusnunia. Kami juga sudah bicara ke Bu Nunik (sapaan Wagub), agar perpustakaan daerah yang ada di seberang Darmajaya disiapkan juga studio mini,” bebernya.

Usulan ini ia maksudkan agar kaum muda- mahasiswa Lampung punya wadah untuk berkumpul dan membuncah kreativitas serta menampilkan karya-karya terbaiknya.

Dalam pertemuan, Hendri menyebut saat ini anggotanya berjumlah 31 orang, jurnalis televisi swasta nasional dan daerah yang ada di Lampung. “Tidak termasuk televisi streaming, dan kami siap bekerja sama dengan perguruan tinggi termasuk IIB Darmajaya, baik dalam bidang pengabdian ataupun pelatihan,” kata Hendri.

Apalagi, imbuh Hendri, di IIB Darmajaya ada Darmajaya Computer & Film Club (DCFC) dan program studi Desain Komunikasi Visual (DKV) –kini diketuai Abdi Darmawan.

“Selain jurnalis televisi, kami juga punya kewajiban berbagi ilmu kepada adik-adik mahasiswa di kampus biru ini. Semoga, dari pertemuan ini, akan terus terjalin kerja sama yang baik antara Darmajaya-IJTI,” tuntasnya.

Jurnalis INews TV Ruslan AS menimpali, selain ingin memberi pelatihan multimedia dan jurnalistik, pihaknya juga akan memberi pemahaman hukum pers kepada mahasiswa Darmajaya. “Jangan sampai, karya dihasilkan melanggar Undang-Undang ITE,” cetusnya.

Ia mengilustrasikan, paling tidak, pelatihan bisa diikuti sekitar 50 mahasiswa, dibagi beberapa kelompok. “Kita berharap juga mahasiswa bisa jadi content creator, bisa membentuk rumah produksi bekerja sama dengan IJTI,” kata Ruslan.

Laporan : Muzzamil
Editor/Posting : Imam Ghazali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here