Peduli Kesehatan, PT.BSL Serahkan Bantuan Alkes ke Puskesmas Pauh

0
413

Kliksumatera.com, MURATARA- Untuk meningkatkan pelayanan dan akses kesehatan masyarakat di Kecamatan Rawas Ilir, PT. Barasentosa Lestari (PT BSL) menyerahkan bantuan  alat-alat kesehatan (alkes) untuk Puskesmas Pauh di Kecamatan Rawas Ilir, Kabupaten Musirawas Utara (Muratara), Kamis (26/12/2019), di Aula Puskesmas Pauh.

Serah terima bantuan ini diberikan langsung oleh Team Community Development (CD) PT BSL, Exsternal dan CSR Spesialist Khawali, disaksikan oleh Kepala Puskesmas Pauh Haruci SKM, Camat Rawas Ilir Heri Martoni, dan 5 Kepala Desa di bawah naungan layanan Puskesmas Pauh.

“Pemberian bantuan alat kesehatan ini akan bermanfaat bagi masyarakat desa yang masuk di wilayah pelayanan Puskesmas Pauh, di Kecamatan Rawas Ilir. Program pemberian bantuan alat kesehatan ini sejalan dengan SDG (sustainable development goal) nomor 3, yakni Kesehatan & Kesejahteraan yang baik bagi masyarakat,” ujar Team Community Development (CD) PT BSL, Exsternal dan CSR Spesialista Khawali.

Kepala Puskesmas Pauh, Haruci SKM, sangat mengapresiasi niat baik dan kepedulian perusahaan PT. BSL terhadap peningkatan pelayanan kesehatan secara publik di wilayahnya.

“Kami berterima kasih dengan PT BSL yang peduli dengan pelayanan kesehatan di Kecamatan Rawas Ilir. Alkes untuk puskesmas ini sangat dibutuhkan oleh kami. Pesan saya kepada para pihak terkait tenaga kesehatan atas alkes ini agar dipergunakan sebaik-baiknya dan dirawat serta selalu melayani masyarakat dengan setulus hati,” harap Haruci.

Hal senada juga diungkapkan Camat Rawas Ilir, Heri Martoni. ”Alkes yang diserahkan oleh PT BSL kepada Puskesmas Pauh antara lain, UKGS kit, timbangan, dan alat pengukur tinggi badan serta alat-alat pemeriksaan gula darah, kolesterol, dan asam urat serta yang lainnya. Semoga pelayanan kesehatan oleh Puskesmas Pauh menjadi lebih baik dan optimal,”tegasnya.

Salah satu bidan Puskesmas Pauh Siti Susamah sangat mengapresiasi atas bantuan dari PT BSL. “Bantuan alkes ini sangat berguna untuk melayani masyarakat atau pasien agar lebih baik lagi. Mudah-mudahan dengan adanya alkes ini, masyarakat kini lebih mudah memeriksakan kesehatannya, khususnya anak-anak, remaja, lansia, dan ibu-ibu,” ungkapnya.

Lanjutnya, sebelumnya alkes di Puskesmas Pauh sangat minim, bahkan beberapa alkes tidak berfungsi maksimal. “Dengan adanya alkes ini kami semakin mudah untuk melayani masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan,” ujarnya.

Sementara itu, Section Head CD PT BSL, Hermawan, mengatakan bahwa bantuan alkes ini merupakan masukan dan saran dari masyarakat pada umumnya, karena pelayanan kesehatan di masing-masing desa kurang memadai maka dari itu pihknya PT. BSL menyerahkan bantuan alkes untuk Puskesmas Pauh.

“Bantuan alkes untuk Puskesmas Pauh ini merupakan masukan dari masyarakat pada saat partisipasi kami melaksanakan Musyawarah Masyarakat Desa (Musdes),” katanya.

Sedangkan, untuk pelayanan kesehatan sangat vital di desa-desa sehingga masyarakat bisa menjadi semakin produktif dan roda perekonomian masyarakat terus bergerak.

Sebelumnya, PT BSL juga menjadi sponsorship untuk kegiatan operasi bibir sumbing dan langit-langit, dan menggelar penyuluhan kesehatan gigi, pengecekan kesehatan gigi gratis terhadap siswa Sekolah Dasar (SD) serta kegiatan dan program kesehatan lainnya di desa sekitar tambang Kecamatan Rawas Ilir.

Laporan          : Shandy April
Editor/Posting : Imam Ghazali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here