Pemkab Muratara Gelar Sosialisasi Pendidikan Politik Pemula 2024

0
31

Kliksumatera.com, MURATARA- Pemerintah Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) menggelar Sosialisasi Pendidikan Politik Pemula 2024 di halaman Pemkab Muratara, Senin 22/5/2023.

Sosialisasi dihadiri Bupati Musi Rawas Utara H.Devi Suhartoni, Wakil Bupati H.Innaytullah, Dandim 0406/ MLM diwakili Letkol Ageung Prasetyo ST, Bidang Pemerintahan Kesbangpol ZULNOVA ARYANTO, Ketua KPU Muratara Agus Sumaryanto, Kapolres Muratara Ferly Rosa Putra S.Ik, Kadis PU PR, Kadis Dinsos, Disdukcapil, Perwakilan Kepala Kantor UPT Cabang, dan para Siswa/Siswi SMAN/SMKN.

Laporan panitia dikatakan, pelaksanaan kegiatan ini untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan politik kepada para pemilih pemula agar bisa mengerti tentang perlunya menggunakan hak suara dalam pemilihan umum serentak Tahun 2024.

Sedangkan Bupati Musi Rawas Utara H. Devi Suhartoni dalam sambutannya, mengajak masyarakat khususnya masyarakat Muratara dan peserta sosialisasi pendidikan¬† politik ini akan pentingnya semangat kebersamaaan, dengan semangat kebersamaan maka kita akan tangguh menghadapi berbagai hambatan dan tantangan dalam meningkatkan kesejhateraan masyarakat.¬† ”Sebagaimana diketahui tantangan yang dihadapi oleh bangsa pada saat ini sangatlah banyak, maka diperlukan tekad semangat kerja bahu membahu daya kreasi dan inovasi yang jauh lebih baik dan seluruh elemen bangsa ini,” ucapnya.

Lanjutnya, pendidikan politik bagi pemilih pemula pada dasarnya bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran dan meningkatkan pemahaman kita. Untuk generasi muda terutama yang akan memenuhi syarat secara konstitusional dan aturan penjabaran mengenai hak dan dan kewajiban politik dalam penyelenggaraan konsultasi atau pesta demokrasi.

Sasaran utama pendidikan politik adalah membangun masyarakat yang cerdas berpolitik indikasi masyarakat yang cerdas kedepannya adalah mengetahui secara baik hak dan kewajiban menyalurkan aspirasi publik.

Masyarakat cerdas dalam berpolitik adalah salah satu memenuhi syarat dalam mewujudkan demokrasi yang baik. Syarat utama lainnya adalah penegakan hukum yang berkeadilan dan pengharagaan terhadap nilai – nilai hak asasi.

Pada kesempatan itu disampaikan pula kepada pemilih pemula gunakanlah hak suara anda jangan dipengaruhi oleh orang-orang tertentu, kalian adalah generasi milenial diperlukan semaksimal dalam menggerakkan pada teman-teman untuk menggunakan hak suaranya.

Dari partai demokrasi yang berkualitas yang akan dapat melahirkan suatu pimpinan. Dari pimpinan yang berkualitas akan dapat menghasilkan strategi dan kebijakan yang sangat punah akselerasi pencapaian kemajuan yang lebih layak dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Laporan : Junaidi
Editing : Imam Gazali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here