Sambut MotoGP, Sandiaga Minta Layanan Gili Trawangan Dioptimalkan

0
36

Kliksumatera.com, LOMBOK- Menyambut event bergengsi MotoGP pada 18-20 Maret mendatang, kawasan Gili Trawangan, Meno dan Air (Tramena) menjadi pilihan tempat tinggal para penonton. Terkait itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekrakf), Sandiaga Salahuddin Uno pun mendadak menyambangi kawasan tersebut guna mengecek kesiapannya.

Menteri milenial itu juga berencana akan menginap di kawasan destinasi wisata dunia tersebut selama musim MotoGP berlangsung. Ia pun menekankan agar sejumlah pelaku usaha wisata juga bersama pemerintah daerah untuk mengoptimalkan pelayanan wisata di tempat tersebut. “Pelayanan agar lebih dioptimalkan kembali seperti peningkatan kualitasnya, terutama untuk masing-masing homestay yang ada dan beroperasi,” tuturnya.

Ia menyebut gelaran MotoGP yang berlangsung di Mandalika jelas akan menjadi sorotan dan pilihan waktu berkunjung ke Pulau Lombok. Tamu pun dipastikan tidak saja domestik juga mancanegara, sehingga itu perlu dilakukan persiapan yang matang dalam menyambut gelaran tersebut. “Semua pelayanan harus disiapkan dan tingkatkan, gabungkan dengan ekrafnya dalam satu paket menonton MotoGP,” pesan Sandi.

Kunjungan Sandiaga ke Gili Trawangan secara langsung disambut Bupati Lombok Utara, H. Djohan Sjamsu bersama Wakil Bupati, Danny Karter Febrianto. Turut mendampingi Kapolres Lotara AKBP I Wayan Sudarmanta, Kadis Pariwisata NTB Yusron Hadi, Kadis Pariwisata KLU, Ainal Yakin, dan lainnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Lombok Utara, Danny Carter Febrianto menyampaikan, program peningkatan kapasitas homestay bagi pelaku usaha wisata disambut begitu antusias oleh masyarakat di Gili Tramena. “Dimana kawasan Pariwisata tiga gili ini menjadi sumber terbesar PAD Lombok Utara,” tuturnya.

Dengan hadirnya event MotoGP di Mandalika yang jumlah penonton begitu banyak tentu daerah harus siap dengan pelayanan dan fasilitas yang ditawarkan bagi pengunjung yang tidak hanya menikmati balapan saja. “Saya harapkan dengan hadirnya Moto GP ini bisa menjadi trigger atau pemacu kebangkitan pariwisata terutama di wilayah Lombok Utara,” harapnya.

Sementara itu, diketahui sebanyak 6000 kamar tersedia di Gili Tramena selama event MotoGP. Paket harga yang ditawarkan mulai dari paket Rp 1,5 juta untuk satu kamar, transportasi dan satu tiket nonton MotoGP yang sudah disetujui oleh pemilik homestay. Dengan harga paket tersebut pemerintah berharap mampu menunjang perekonomian di wilayah KLU terutama di Gili Tramena.

Usai acara bimtek peningkatan kapasitas pengelolaan homestay Desa Wisata di Gili Trawangan, Menparekraf beserta rombongan juga mengunjungi Gili Meno dan Gili Air.

Sumber : Radar Mandalika/Kliksumatera.com
Posting : Imam Ghazali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here