Segala Bentuk Lomba Ditiadakan di Banyuasin

0
327

* Upacara Detik-Detik Proklamasi Terpusat di Kantor Bupati

Kliksumatera.com, BANYUASIN- Upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke 75 tahun 2020 hanya boleh diadakan di Ibu Kota Kabupaten yakni Kantor Bupati Banyuasin dengan menerapkan protokol kesehatan. Sedangkan perayaan HUT Kemerdekaan yang selama ini diadakan juga di tingkat Kecamatan, Desa, dan Kelurahan, untuk tahun ini ditiadakan.

Hal ini sesuai dengan Pedoman Peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke 75 dimasa Pandemi Covid-19, sebagaimana rapat koordinasi persiapan HUT ke-75 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2020 secara virtual melalui video conference, di Ruang Rapat Sekda Pemkab Banyuasin, Kamis (30/7) lalu.

Rakor virtual tersebut dipimpin oleh Asisten I Setda Provinsi Sumatera Selatan Akhmad Najib diikuti juga jajaran FKPD Provinsi Sumsel, dan Pemerintah Kabupaten Kota se-Provinsi Sumsel. “Pemkab Banyuasin mengikuti pedoman Peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI di masa Pandemi Covid-19. Dimana, upacara peringatan detik-detik proklamasi hanya diadakan di Kantor Bupati Banyuasin, dengan protokol kesehatan dan peserta terbatas,” tegas Asisten I Bidang Pemerintahan Ir H Kosarudin MM, Senin (3/8/2020).

Sedangkan upacara di tingkat kecamatan terang Kosarodin, untuk tahun ini ditiadakan termasuk berbagai perlombaan seperti karnaval, panjat pinang, dan sebagainya.

“Untuk lomba memeriahkan HUT Proklamasi yang sifatnya mengumpulkan massa untuk tahun ini tidak dilaksanakan, termasuk upacara di tingkat kecamatan, desa, kelurahan, dan sekolah-sekolah,” kata Mantan Kadispora Banyuasin ini.

Dikatakan Kosarodin, begitu juga untuk pengibar bendera yang selama ini melibatkan Paskibraka dengan jumlah banyak, namun untuk tahun ini sesuai dengan pedoman yang telah ditentukan petugas pengibar bendera merah putih hanya tiga orang, diambil dari Paskibraka tahun lalu.

“Ketentuan upacara dan kegiatan HUT Proklamasi nanti akan diatur dalam surat edaran Bupati Banyuasin,” kata Pria kelahiran Desa Regan Agung ini.

Sementara itu, Bupati Banyuasin H Askolani dan Wakil Bupati Banyuasin H Slamet mengajak dan mengimbau warga Banyuasin agar mengibarkan bendera merah putih satu tiang penuh mulai 1 – 31 Agustus 2020.

“Ayo warga Banyuasin, perkantoran dan perusahaan mari kita kibarkan bendera merah putih satu tiang penuh dari 1 Agustus sampai 31 Agustus 2020,” imbau Bupati Askolani.

Orang nomor satu di Banyuasin mengharapkan seluruh masyarakat ikut bersama-sama menyemarakan HUT ke-75 RI tahun 2020. ”Kita berharap, menjelang HUT ke-75 RI tahun 2020 ini, tampilan Kabupaten Banyuasin lebih semarak, bersih, dan bendera serta umbul-umbul sudah terpasang. Mari kita bersama-sama tunjukkan semangat nasionalisme sebagai warga NKRI,” tandasnya.

Laporan : Herwanto
Editor/Posting : Imam Ghazali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here