Syarif Hidayat Buka MTQ ke-6 Tingkat Kabupaten Muratara

0
292

Kliksumatera.com, MURATARA- Musahbaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke-6 tingkat Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) tahun 2020 dibuka oleh Bupati Muratara, HM Syarif Hidayat.

Kegiatan berlangsung di lapangan Kantor Camat Rawas Ilir, dihadiri oleh Sekda Muratara Alwi Roham, Ketua TP PKK Kabupaten Muratara Lia Mustika Syarif, Ketua Darma Wanita Muratara, Asisten I Setda Muratara Sisyanto Tunut, Asisten II Setda Muratara Suharto, Asisten III Setda Muratara Romsul Panani, Waka Polres Muratara Kompol Jossy, sejumlah anggota DPRD Kabupaten Muratara, seluruh Kepala OPD di lingkungan Pemkab Muratara, Kakan Kamenag Muratara Ikhsan Baijuri, Ketua MUI Muratara H. Zulkarnain Bayan, Ketua LPTQ Kabupaten Muratara Habibullah Lubis, Kabag Kesra Setda Muratara Yallasri, para Kiai, para Ustad, tokoh agama, tokoh masyarakat dan undangan lainnya, Senin (24/2/2020).

Ketua panitia pelaksana MTQ ke-6 tingkat Kabupaten Muratara tahun 2020, Yallasri mengatakan tujuan dilaksanakannya MTQ ke-6 tingkat Kabupaten Muratara tahun 2020 ini adalah untuk memberdayakan masyarakat Kabupaten Muratara gemar membaca Alquran.

“Jumlah seluruh peserta sebanyak 349 orang terdiri dari tujuh Kecamatan dalam wilayah Kabupaten Muratara,” ujarnya saat menyampaikan laporan.
Ia menjelaskan kegiatan ini dilaksanakan mulai dari tanggal 24 sampai dengan tanggal 28 Februari 2020. “Sumber dananya berasal dari APBD Kabupaten Muratara tahun 2020 di bagian Kesra Kabupaten Muratara,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Muratara, HM Syarif Hidayat mengatakan Alquran merupakan kitab suci yang syarat dengan eksektasi dan inovasi agar umat manusia bisa memperluas wawasan, mendalami ilmu pengetahuan, menyempurnakan akhlak serta menciptakan generasi penerus, generasi muda yang mumpuni dan qurani yang handal dan berakhlakul karimah.

“Salah satu upaya yang dilakukan umat Islam telah berfungsi yang demikian ialah dengan melaksanakan MTQ, karena melalui MTQ selain bertujuan untuk mensyiarkan agama Islam juga menyampaikan pesan pesan yang terkandung di dalamnya,” tegasnya.

”Saya mengimbau kepada masyarakat di Kabupaten Muratara khususnya masyarakat Rawas Ilir agar Alquran benar-benar dapat menjadikan sebagai filter, penyaring berbagai dampak negatif kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang tak selaras dengan kandungan isi Alquran. Mari kita jadikan MTQ ke-6 ini sebagai pondasi kehidupan masyarakat terutama generasi muda agar melakukan perubahan ke arah kebaikan serta mewujudkan cita cita generasi muda sebagai penerus daerah dan bangsa yang kita cintai ini,” paparnya.

Orang nomor satu di Bumi Beselang Serundingan juga menyampaikan bahwa pemerintah Kabupaten Muratara sangat menyambut baik dan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas penyelenggaraan MTQ ke-6 tingkat Kabupaten Muratara tahun 2020.

“Ini sebagai momentum kebangkitan untuk generasi muda, menjadikan umat Islam sebagai masyarakat yang Qurani dan juga dapat memperteguh keimanan kita kepada Allah SWT,” ujarnya.

Bupati berharap kepada dewan hakim, berilah penilaian yang jujur, objektif, dan bertanggung jawab. Semoga dengan penilaian yang diberikan kepada Qori dan Qoriah, Hafiz dan Hafizoh dan di cabangnya masing-masing untuk mewakili Kabupaten Muratara di tingkat provinsi nanti.

“Kami juga mengapresiasi kerja keras dari seluruh pihak yang telah terlibat, baik secara langsung maupun tidak langsung dalam pelaksanaan kegiatan ini. Semoga pelaksanaan kegiatan ini dapat berjalan sesuai dengan rencana kita, keinginan kita dan kehendak kita bersama. Semoga apa yang telah saudara saudara lakukan senantiasi bernilai ibadah di sisi Allah Subhanahuwata’ala,” tegasnya.

Masih dikatakan Bupati, dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim MTQ ke-6 tingkat Kabupaten Muratara tahun 2020 dengan resmi saya nyatakan dibuka.

Di tempat yang sama, Camat Rawas Ilir, Heri Martoni mengatakan atas nama masyarakat Kecamatan Rawas Ilir mengucapkan selamat datang kepada Bupati Muratara dan seluruh kafilah di Kecamatan Rawas Ilir.

“Kami dari masyarakat Kecamatan Rawas Ilir mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Muratara karna sudah dipercaya sebagai tuan rumah pada MTQ ke-6 tingkat Kabupaten Muratara. Kami masyarakat Kecamatan Rawas Ilir juga memohon maaf yang sebesar besarnya apabila ada kekurangan dalam penyambutan kami, dalam penempatan Bapak bapak dan Ibu ibu pada acara pembukaan MTQ ke-6 tahun 2020,” tandasnya.

Laporan : Junaidi
Editor/Posting : Imam Ghazali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here