Tak Puas dengan Penyaluran Dana BLT DD, Warga Paduraksa Gelar Aksi Damai

0
14

Kliksumatera.com, LAHAT- Aksi Damai perwakilan warga Desa Paduraksa Kecamatan Kikim Timur digelar di halaman Pemkab Lahat pada Kamis 23 Juni 2022, mengenai ketidakpuasannya terhadap dana BLT DD tahap 1 sebesar Rp 300.000 perbulan sampai bulan Juni 2022 yang belum juga dibayarkan buat 83 PKM (penerima keluarga manfaat).

Perwakilan warga ini menggelar aksinya bersama LSM BKKIN dikomandai Nata Hiro biru dan rekan, setelah mengeluarkan uneg-uneg- mereka atas ketidakpuasan kinerja Pemdes Paduraksa. Tiga wakil dari 50 warga yang Aksi diajak berembuk di Ruang Cahaya 1 Setda Lahat dipimpin Rudi Thamrin SH dihadiri Asisten 3 Raswan Ansori, Ari Efendi SiP Kabid Administrasi Pemerintah Desa DPMD Lahat beserta Staf, Kabag Ops Kompol Dedi, dan Kades Paduraksa Hanum Rais.

Mediasi berlangsung selama lebih kurang 2 jam. Menurut Ari selaku Kabid Administrasi Pemerintah Desa bahwa permasalahan ini sudah memenuhi aturan dan telah melakukan musdes khusus.

Sementara itu menurut Kompol Dedi, S Kabag Ops Polres Lahat bahwa regulasi ini ada aturannya. ”Saya berharap dengan mantan Kades untuk menjelaskan hal yang sebenarnya kepada warga. Mari kita sama- sama invetarisir, jangan ambil sikap secara sepihak. Harus ada etika dengan berpedoman azas praduga tak bersalah. Karena ini muaranya seluruhnya di desa, maka selesaikanlah di desa, bila nantinya ada kecurangan harap dilaporkan. Saya titip Desa dengan Kamtibmas di Paduraksa,” tegasnya.

Selaras dikatakan Asisten 1 Rudi Thamrin SH, MM bahwa ketransparanan Kades sudah disampaikan. Jadi selesaikanlah di Desa Paduraksa.

Terpisah Camat Kikim Timur Pukatul Hadi SP, MSI ketika diwawancarai Media ini mengatakan, silakan sampaikan aspirasi, itu hak warga. Kades bayarkan hak mereka supaya permasalahan ini jangan sampai berlarut. Sesuai aturan 83 PKM.

Hanum Rais Kades Paduraksa berjanji akan segera mencarikan Dana BLT DD sebanyak 83 PKM bulan Januari hingga Maret sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Laporan : Novita

Editing   : Imam Ghazali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here