Usai Sholat Id, Warga Desa Padang Lengkuas Gelar Tradisi ‘Nampah’

0
58

Kliksumatera.com, LAHAT- 1 Syawal 1445 H adalah moment yang ditunggu umat muslim sedunia tanpa terkecuali, setelah melaksanakan puasa di Bulan Ramadan selama satu bulan penuh yang diwarnai dengan melaksanakan Shalawat Taraweh di malam harinya.

Gema takbir membahana terdengar merdu, para Ibu- ibu dibantu remaja putri mempersiapkan kudapan yang akan disajikan di saat Lebaran sehabis Sholat Idul Fitri, terlihat anak- anak, remaja semangat 45 mengenakan pakaian baru dengan ditambah harum wangi parfum dikenakan tampak begitu serasi.

Jama’ ah Masjid Al falah Desa Padang Lengkuas Kecamatan Lahat memenuhi Masjid bahkan di Pelataran menunaikan Sholat Id berjama’ah, setelah itu bersalaman tuk kembali kerumah masing- masing. Selang beberapa waktu kemudian kaum Lelaki menggelar Tradisi ” Namah'”.

Nampah adalah kearifan Lokal di Kabupaten Lahat, biasanya tradisi turun temurun ini digelar saat hari besar umat Islam , kegiatan ini di hadiri Kades Padang Lengkuas Sabroni, Ketua Masjid, Ketua Adat, Sekdes, Perangkat Desa, BPD dan Jama’ ah Masjid Al-fah.

Pada kegiatan Nampah ini diawali dengan pembukaan umul kitab Alfatihah, peramal (membaca zikir dan tahmid) , kata sambutan dari Kades, Doa dan dilanjutkan makan bersama dengan nikmat. Tak lupa Sabroni mewakili seluruh warga Desa Padang Lengkuas mengucapkan ‘ Minal Aidin Wal Faizin Mohon Maaf Lahir dan Batin, ” Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 H.

Laporan : Novita
Posting : Imam Gazali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here