Wabup Buka Pelatihan Membatik

0
306

Kliksumatera.com, LAHAT- Bertempat di Gedung Kesenian Kabupaten Lahat diadakan kegiatan pelatihan membatik yang bertemakan “Kita Ciptakan Batik Bercorak Kearifan Lokal Kabupaten Lahat Guna Mendukung Terwujudnya Lahat Bercahaya”. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Lahat H. Haryanto SE MM MBA, Rabu (19/2).

Tampak hadir Wakil Bupati Lahat H. Haryanto SE MM MBA, Kepala Dinas Perdagangan Vikri, Ketua Dekranasda Lidyawati Cik Ujang, Wakil Ketua Hj. Sumiati Haryanto, Assisten, Staf Ahli, SKPD, Camat, Ketua, dan Pengurus Dekranasda Kabupaten Lahat serta para peserta membatik 400 orang dari desa, kelurahan, dan pelajar se-Kabupaten Lahat.

Ketua panitia/Kepala Dinas Perdagangan Lahat Vikri mengatakan pelatihan ini dilakukan untuk mendukung Pemerintah Kabupaten Lahat tentang pengembangan industri batik, yang menjadi potensi daerah dan bersentuhan langsung dengan usaha masyarakat khususnya pengembangan dan pelayanan teknologi industri (pelatihan membatik).

Sementara itu, Ketua Dekranasda Lidyawati Cik Ujang dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada peserta karena telah dipercaya untuk mengikuti kegiatan tersebut. ”Kami harapkan kepada peserta manfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin untuk berlatih dengan baik agar teori dan tata cara mengembangkan kerajinan ini dapat benar-benar dikuasai,” tegasnya.

Sedangkan Wakil Bupati Lahat H. Haryanto SE MM MBA mengatakan, terima kasih kepada Sumardi sudah datang dari Yogyakarta guna memberikan ilmunya kepada ibu-bapak perwakilan desa dan kelurahan untuk mengikuti pelatihan membatik tersebut.

Diharapkan melalui pelatihan membatik ini kita bisa menemukan kreasi dan inovasi membatik sesuai dengan kearifan lokan desa dan kelurahan masing masing. ”Saya sangat mendukung terciptanya kreasi dan inovasi yang akan tertuang pada desain dan teknik membatik sehingga selain mengembangkan keterampilan SDM Kabupaten Lahat, juga kegiatan ini sangat sejalan dengan visi Kabupaten Lahat yaitu mewujudkan masyarakat Kabupaten Lahat bercahaya,” tegas Wabup kemudian dilanjutkan dengan Pemukulan gong tanda dibukanya pelatihan membatik.

Laporan          : Novita/Kominfo Lahat
Editor/Posting : Imam Ghazali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here