Wako Pagaralam Bagikan Bantuan Bibit Kopi unggul dan Pupuk Organik 

0
35

Kliksumatera.com, PAGARALAM- Pemerintah terus meningkatkan dalam hasil produksi kopi di Pagaralam. Seperti hari ini, Wako langsung distribusikan bantuan sedikitnya telah dibagikan 32.000 bibit tanaman kopi dan 3.2 ton pupuk organik bersubsidi kepada Kelompok Tani, Kamis (1/12/2022) di Dusun Karang Dale Kecamatan Dempo Tengah.

Kelompok tani yang mendapatkan bantuan di antaranya kelompok tani Nanggiran II, Kelompok Cipta Tani, Kelompok Tani Serumpun dan kelompok Tani Rebah Kucing,  dan bantuan ini langsung diserahkan oleh Wali Kota Pagaralam Alpian Maskoni.

Walikota dalam kegiatan tersebut didampingi Kepala Pimpinan Cabang Bank BRI Kota Pagaralam Syaprizal  memberikan pada kelompok tani berupa  Kartu Tani. Adapun tujuan Kartu Tani tersebut diperuntukkan Para Petani dalam membeli Pupuk Organik yang  bersubsidi di agen-agen pupuk yang tersebar di Kota Pagaralam.

Wali Kota Maskoni dalam sambutannya mengatakan, kopi merupakan salah satu komoditi unggulan di Kota Pagaralam. Hal inilah jadi sangat diperhatikan oleh pemerintah Kota Pagaralam guna meningkatkan hasil perekonomian masyarakat Kota Pagaralam, serta terus  meningkatkan kualitas dan hasil panen kopi.

Lanjut WaliKota, secara bertahap terus berkomitmen menjalankan program-program di bidang pertanian dan perkebunan untuk memaksimalkan pemanfaatan lahan yang dimiliki warga serta dapat meningkatkan produktivitas hasil pertanian terkhusus tanaman kopi sambung pucuk (stek). Sudah terbukti dapat meningkatkan hasil produksi buahnya.

Tanaman kopi yang disambung pucuk memiliki keunggulan dalam jumlah hasil panen dibandingkan tanaman kopi yang belum disambung pucuk. ”Selain itu peningkatan hasil pengelolahan dan pemasaran menjadi kesatuan yang tidak terpisahkan serta perlu strategi khusus dalam penarapannya, sehingga kopi dapat menjadi pendongkrak ekonomi masyarakat Kota Pagaralam. Semoga nantinya, kegiatan bantuan bibit tanaman kopi, pupuk organik bersubsidi serta bantuan sambung pucuk kopi dapat memberikan langsung manfaat dan mendongkrak penghasilan ekonomi  khususnya masyarakat Kota Pagaralam,” tandas Wako Pagaralam.

Laporan : 09-Pai
Editing : Imam Gazali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here