Warga Nibung Muratara Tewas Diinjak Gajah

0
183

Kliksumatera.com, MURATARA- Seekor gajah liar menginjak warga Blok C3 Desa Bumi Makmur Kecamatan Nibung Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), hingga tewas. Warga naas itu Korban bernama Zainal Arifin (53) atau biasa dipanggil Din Peledas, tewas mengenaskan dengan kondisi berlumuran darah.

Korban tergeletak di dalam perkebunan sawit dengan luka yang cukup parah terutama di bagian kepalanya. Kejadiannya Selasa (12/5/2020) sekitar pukul 11.00 WIB. Di kebun sawit Desa Bumi Makmur.

Korban bersama warga mendatangi kebun sawit yang dirusak oleh gajah liar tersebut. Namun gajah itu, tiba-tiba tersebut berlari liar.

Kepala Desa Bumi Makmur, Yatno menjelaskan, kejadian ini bermula ada seekor gajah liar mendekati perkampungan warga.

Gajah tersebut memang diketahui warga sudah dari pagi tadi saat warga mau pergi ke kebun sekitar pukul 08.00 WIB, berada sekitar 100 meter dari rumah warga sedang memakan pelepah pohon sawit.

Mendengar informasi ada gajah, warga setempat berbondong-bondong datang untuk melihat hewan besar yang memiliki belalai tersebut.

Warga yang memiliki smartphone pun langsung mengabadikan gajah yang sedang makan itu.

“Gajah itu jalan biasa, makan daun sawit, tidak mengamuk. Warga memang banyak yang mendekat untuk melihat,” kata Kades Yatno.

Menurut Yatno, informasi yang dia terima dari warganya yang melihat gajah itu, korban yang tewas hendak melihat gajah lebih dekat.

Namun ternyata gajah tersebut diduga terkejut karena ramai warga melihat dari berbagai penjuru, bahkan ada warga yang melihat dari atas pohon.

Tak lama kemudian, gajah berlari ke arah korban dan kemungkinan korban terjatuh saat berlari, hingga kaki gajah menginjak tepat di bagian kepala korban.

Setelah itu, warga memberi tahu kepada Kepala Desa dan selanjutnya langsung mengevakuasi korban untuk dibawa pulang ke rumah duka.

Kapolres Muratara AKBP Adi Witanto melalui Kapolsek Nibung AKP Denhar ketika dikonfirmasi membenarkan adanya peristiwa tersebut.

“Tripika Nibung sudah menghubungi pihak BKSDA. Namun kemungkinan baru besok bisa mencari dan mengamankan gajah liar itu.

Terpisah Dandim 0406 MLM Letkol Inf M A’an Setiawan melalui Danramil Rawas Ilir Kapten Inf Agus Suryono berkaitan dengan peristiwa ini mengimbau warga agar menjauh dari lokasi, agar tidak terjadi korban berikutnya.

“Kami menduga gajah inilah yang sebelumnya merusak kebun di Kecamatan Nibung beberapa waktu lalu. Sempat tidak terlihat, ternyata muncul di Kecamatan Nibung dan menginjak warga,” jelasnya.

Danramil menjelaskan pihak Tripika bersama BPBD sudah mendatangi kediaman korban. Juga melihat lokasi kejadian. “Lokasi gajah itu mengamuk tidak jauh dari pemukiman, jadi kami imbau warga agar tidak mendekati lokasi,” imbaunya.

Laporan : Shandy April
Editor/Posting : Imam Ghazali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here