Aneh, Tanah di Teluk Kijing Berasa Ketan

0
574

Kliksumatera.com, MUBA- Tanah Tanampo Sakti itulah sebutan tanah yang bisa dimakan rasanya seperti ketan dan biasa digunakan oleh masyarakat setempat sebagai obat – obatan, Tanah Tanampo Sakti terletak di Desa Teluk Kijing dua kecamatan Lais Kabupaten Musi Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan.

Menurut cerita cerita Asal – usul tanah yang bisa dimakan, Ceritanya hampir sama dengan cerita Malin Kundang. Konon dahulu kala ada seorang anak muda bernama Dempo Awang yang durhaka pada ibunya. karena Dempo Awang malu mengakui sang ibu lantaran ia telah menjadi saudagar kaya dan memiliki istri yang cantik. Sehingga, ketika ibunya yang ingin memeluknya tak di izinkan, malahan dicaci maki dan dikatakan orang gila.

Kemudian, sang ibu pun kecewa dan sakit hati lalu berdoa kepada Tuhan, dalam sekejap angin dan ombak besarpun datang sehingga membuat kapal Dempo Awang karam di Sungai Musi, sehingga seluruh bekal dan bahan pokok seperti seperti Sagu, beras, dan ketan ikut tenggelam dan menjadi Tanah Tanampo Sakti, Tanah yang berasal dari Ketan dan Sagu,” ujar Kepala Desa Teluk Kijing II Margareta Sok pada wartawan saat menceritakan asal-usul Tanah Tanampo Sakti, Sabtu 31/08/19.

Kemudian Margareta Sok, berharap agar ke depannya Tanampo Sakti bisa menjadi salah satu objek dan Icon wisata di Kabupaten Musi Banyuasin.

“Harap kami dengan adanya Tanampo ini kedepannya bisa menjadi salah satu objek parawisata di Kabupaten Musi Banyuasin dan di buat seperti di Palembang BKB,” harapnya.

“Jika nanti sudah terealisasi dan menjadi tempat pariwisata untuk umum, tentunya diharapkan nantinya dapat mendongkrak perekonomian warga masyarakat Teluk Kijing umumnya masyarakat Kabupaten Musi Banyuasin,” tandasnya.

Sumber : Mediaadvokasi
Posting : Imam Ghazali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here