Babinkamtibmas Polsek Betung Brigpol Nopiadi Sosialisasikan Saber Pungli

0
281

Kliksumatera.com, BANYUASIN – Langkah inspiratif Babinkamtibmas Polsek Betung Brigpol Nopiadi SH menggencarkan sosialisasi sapu bersih pungutan liar atau disebut saber pungli kepada masyarakat desa binaannya. “Sudah saatnya Banyuasin bersih pungli dan mari kita wujudkan Banyuasin bersih pungli,” tegas Nopiadi.

Kegiatan tersebut bertempat di Kantor desa, Desa Talang Ipuh, Kecamatan Suak Tapeh, Kabupaten Banyuasin, Rabu (16/10). Dan dihadiri Kades Talang Ipuh Adina beserta perangkatnya, Ketua BPD dan anggota, toga dan tomas.

Brigpol Nopiadi memberikan sosialisasi berupa arahan secara lisan tentang Perpres No 87 Tahun 2016 kepada Masyarakat Desa Talang Ipuh, Kecamatan Suak Tapeh.

Kepada masyarakat Desa Talang Ipuh diminta apabila menemukan adanya pungli di pelayanan publik agar kiranya dapat melaporkan ke Tim Saber Pungli Kabupaten. “Karena pemberi dan penerima akan terkena sangsi hukum yang berlaku,” ujar Brigpol Nopiadi dalam sosialisasinya.

Lanjutnya, masyarakat bisa ikut serta dalam pengawasan pelayanan publik yang bersih dari praktek pungli dan mengawasi penggunaan anggaran desa supaya tidak disalahgunakan oleh aparatur desa. “Serta masyarakat dapat bekerjasama dengan Tim Saber pungli Kabupaten apabila ada ditemukan pungli,” ujarnya.

Terpisah, Kapolsek Betung AKP Naziruddin, SH., M.Si saat dikonformasi menyebutkan bahwa seperti yang disampaikan Kapolres Banyuasin AKBP Danny Ardiantara Sianipar, S.IK bahwa kegiatan sosialisasi tersebut bertujuan agar masyarakat mengetahui satgas saber pungli dan tugasnya, sehingga masyarakat bisa melaporkan apabila ada instansi/lembaga Pemerintah yang melakukan pungutan liar.

“Agar warga dapat memahami bahwa pungutan liar tidak dibenarkan, dan ada sanksi hukum bagi yang memberi maupun yang menerima,” ujar Kapolsek AKP Naziruddin.

Harapan pengawasan terhadap pungli pun dapat dilakukan oleh semua lapisan masyarakat dan masyarakat dapat melaporkan kepada Satgas Saber Pungli apabila ada menemukan tindakan Pungli yang di lakukan oleh oknum-oknum. “Seperti penyelenggara pemerintahan/Kelurahan dan Kecamatan, lembaga pendidikan serta pelayanan publik lainya,” tandasnya.

Sementara Kades Talang Ipuh Ardina sangat mendukung dan mengapresiasi langkah inspiratip yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Polsek Betung dalam menyosialisasikan saber pungli kepada warganya. “Kita sangat mendukung dan apresiasi,” tegasnya, singkat.

Laporan : Wanto
Editor/Posting : Imam Ghazali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here