Bupati: Mari Kita Gali Potensi Wisata Muratara

0
535

Kliksumatera.com, MURATARA- Acara pelantikan kepengurusan lembaga adat, dewan kesenian, dan Ikatan Bujang Ngen Gades yang digelar di kediaman atau rumah dinas bupati Musi Rawas Utara (Muratara), berjalan dengan khitmad, Senin (25/11/19).

Tampak hadir anggota forum komunikasi tingkat daerah, OPD Muratara, ketua dan anggota lembaga adat daerah, ketua dan anggota dewan kesenian Muratara, ketua dan anggota Ikatan Bujang Gades Muratara, camat se-Muratara, kepala desa se-Muratara, tokoh masyarakat, tokoh pemuka agama, dan tokoh pemuda se-Kabupaten Muratara.

Bupati H.M. Syarif Hidayat menyampaikan dalam kata sambutannya, sejalan dengan semangat undang-undang nomor 5 tahun 2017, tentang pemajuan kebudayaan, bahwa kebudayaan yang kita punya dan upaya pemajuan kebudayaan  di tengah kemajuan regional, nasional, dan global.

‘’Merupakan potensi dan investasi untuk membangun peradaban dan masa depan khusus di kabupaten kita tercinta ini. Setidaknya ada 10 aspek kebudayaan yang kita miliki dan perlu kita kejar kemajuannya: tradisi lisan, manuskrip, adat istiadat, ritus, budaya tradisional, teknologi tradisional, seni, bahasa, permainan tradisional dan olah raga tradisional. Untuk apa mengembangkan nilai-nilai luhur nilai-nilai kebudayaan dan tradisi kita? Adalah semata-mata untuk memperteguh persatuan dan kesatuan bangsa,’’ papar Bupati.

Melestarikan warisan budaya dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dalam aspek kebudayaan dan pariwisata karena kebudayaan dan pariwisata tidak bisa dipisahkan dan kita patut bersyukur, karena Kabupaten Muratara ini  memiliki potensi besar di dalam bidang pariwisata.

Contohnya objek wisata Danau Rayo, Bukit Layang, Goa Napalicin, Air Terjun Uluh Tiku, Air Terjun Palaw, Air Terjun Telun Tujuh, Arung Jeram Pulau Kidal, Kebun Kelengkeng, Kebun Jeruk di Terosan, dan masih banyak yang lainnya.

‘’Sudah jelas dengan potensi alam kita miliki, seharusnya kita bersama-sama ikut mengembangkan wisata-wisata yang ada di Muratara, jangan sampai dengan potensi wisata yang kita miliki menjadi sia-sia. Atas nama pribadi dan struktur kepemerintahan Kabupaten Muratara, saya ucapkan selamat atas pengukuhan pengurus lembaga adat, dewan kesenian dan forum Bujang Gades Muratara,’’ tegas HM Syarif.

‘’Kami juga berharap, kepada jajaran pengurus adat, dewan kesenian dan Bujang Gades Muratara yang baru selesai dikukuhkan pada hari ini, mampu bekerja sesuai dengan tupoksinya masing-masing. Dan mampu bekerja sesuai dengan program yang akan disusun nantinya,’’ tandasnya.

Laporan          : Junaidi

Editor/Posting : Imam Ghazali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here