DPRD Sumsel Tanggapi Pembebasan Lahan Fly Over Simpang Sekip

0
216
Desain proyek fly over Simpang Sekip Palembang. (foto: ist)

Kliksumatera.com, PALEMBANG– Pembebasan lahan Fly Over di Wilayah Simpang Sekip Palembang, Sumatera Selatan, yang menelan dana sebesar Rp 80 miliar ditanggapi oleh Ketua Komisi IV DPRD Sumsel, MF Ridho.

Ridho mengatakan, anggaran pembebasan lahan akibat pembangunan Fly Over Simpang Sekip berasal dari dana APBD Kota Palembang dan APBD Sumsel, dengan ketentuan sharing.

“Porsi Pemprov Sumsel sudah tersedia sebesar Rp 56 miliar yang ada pada Dinas PU Bina Marga Sumsel pada APBD Sumsel tahun 2021. Sisanya Rp 24 miliar dari Pemkot Palembang,” katanya, Sabtu (7/8/2021).

Namun, pembebasan lahan proyek pembangunan FO di Simpang Sekip Palembang hingga kini masih belum clear. Karena Pemkot Palembang masih harus membebaskan 10 persil lagi lahan masyarakat.

“Sebelumnya, Pemkot Palembang telah membebaskan 7 persil lahan masyarakat dari total 17 persil lahan masyarakat yang harus dituntaskan,” ungkapnya.

Politisi Partai Demokrat Sumsel ini mengaku, belum bisa berkomentar lebih jauh. Karena untuk teknis pembebasan dan pembayaran itu ada pada dinas masing-masing.

“Kalau porsi Pemkot Palembang, saya belum bisa berkomentar karena bukan kewenangan DPRD Sumsel,” kata Ridho.

Pastinya menurut politisi Partai Demokrat ini, untuk target pembangunan Fly Over Simpang Sekip semula dilakukan tahun 2021 ini. “Jika lahannya sudah diselesaikan semua, mudah-mudahan saja masih dalam tahun 2021 sudah bisa mulai bergerak pihak Balai Besar,” tambahnya.

Sebelumnya, Walikota Palembang H Harnojoyo mengatakan, untuk pembebasan lahan Fly Over Simpang Sekip pihaknya membutuhkan anggaran sebesar Rp 80 miliar. Sekitar Rp 56 miliar berasal dari Pemprov Sumsel, sisanya dari dari Pemkot Palembang sebesar Rp 24 miliar.

“Kalau sudah dibebaskan pembangunannya tak akan terkendala lagi. Lahan clear baru kita bisa melakukan pembangunan fisik , kemungkinan tahun depan baru pembangunan fisik,” tandasnya.

Sumber : Rilis
Posting : Imam Ghazali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here