Hapal Isi Sumpah Pemuda, Pelajar Dapat Hadiah dari Bupati Askolani

0
477

Kliksumatera.com, BANYUASIN- Sejarah sumpah pemuda bagi Bupati Banyuasin H Askolani yang diperingati pada 28 Oktober setiap tahun sangat penting untuk dikenang, khususnya pemuda dan pelajar di Kabupaten Banyuasin.

Hal itu disampaikan Bupati Askolani saat membuka Lomba Keterampilan Baris Berbaris (LKBB) dan Lomba Lintas Alam Tingkat SMP/SMA sederajat Kabupaten Banyuasin tahun 2019 di lapangan Kantor Bupati, Minggu (27/10).

Menurut Politisi PDI-Perjuangan ini dengan ikrar sumpah pemuda tersebut adalah semangat pergerakan pemuda untuk mencapai cita-cita Kemerdekaan Republik Indonesia.

Untuk mengenang kembali sejarah itu, Bupati Askolani memberikan pertanyaan ke pelajar bagi yang hafal isi naskah sumpah pemuda akan dapat hadiah duit satu juta darinya. Disaat itu, ada 6 orang pelajar SMA yang berani maju ke depan dan semuanya dapat hadiah.

“Kenapa saya minta membaca Sumpah Pemuda karena inilah anak sekalian sudah sangat paham betul komitmen para pemuda yang berjuang kemarin. Kalau kita tidak paham dengan sumpah pemuda. Artinya kita tidak kenal dengan sejarah pemuda dan tidak mengerti komitmen perjuangan yang sudah berkorban saat itu,” ujar Bupati.

Ia minta peserta lomba untuk mengikuti kegiatan sebaiknya untuk mendapat juara tapi bukan semata-mata juara penting untuk dikejar melainkan kebersamaan antara pelajar SMP dan SMA yang dijalin.

“Ini yang paling penting tingkat persaudaraan dan pertemanan kita ikuti lomba dengan baik bahwa kita akan juara. Tapi pertemenan dan persaudaraan yang paling utama,” kata Askolani seraya mengingatkan peserta untuk lebih mementingkan keselamatan saat kegiatan.

Di kesempatan itu acara pembukaan dihadiri Wakil Bupati H Slamet, TNI-Polri, dan Para OPD di lingkungan Pemkab Banyuasin.

Mewakili Kepala Disporapar Banyuasin Merki Bakri, panitia pelaksana Sarnusi, MM melaporkan bahwa kegiatan LKBB 36 tim (13 orang/tim) dan Lintas Alam 68 tim (5 orang/tim).

“Diakhir kegiatan, pemenang lomba akan diberikan hadiah berupa trophy juara 1, 2, 3 dan Harapan, juga mendapatkan uang pembinaan,” katanya.

Laporan : Wanto
Editor : Imam Ghazali
Posting : Andre

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here