Harga Cabai dan Sayuran Kian Meroket

0
444

Kliksumatera.com, LAHAT- Harga cabai terus melambung dan kian tak menentu di pasaran. Harganya dan dinilai tidak wajar dari sebelumnya. Sebab sekarang mencapai 60 ribu untuk cabai keriting dan rawit setan tembus 100 ribu.

Kenaikan harga cabai ini menular ke harga sayuran. Hasil pantauan di Pasar Tradisional Modern PTM Lahat, harga sayur kangkung satu ikat yang sebelumnya seribu sekarang naik menjadi tiga ribu. Harga kentang sebelumnya 6-9 ribu sekarang mencapai 10- 15 ribu. Harga sawi 10 ribu biasa harga normal 4 ribu dan kol tembus hingga 14 ribu, buncis dari 12 jadi 14 ribu, tomat tembus 10 ribu. Kenaikan harga cabai dan sayuran sulit dikendalikan.

Sulitnya distribusi pasokan cabai dan sayuran dikarenakan musim kemarau. Semakin mendekati lebaran harga terus melonjak, warga berharap Pemerintah melakukan Operasi Pasar.

Menanggapi hal ini Dinas Pasar Pemkab Lahat angkat bicara. Produksi cabai berkurang dikarenakan musim kemarau, ini merupakan permasalahan nasional. ‘’Untuk operasi pasar tidak ada. Kalau untuk sembako kita berkoordinasikan dengan Bulog,’’ tegas Kabid Perdagangan Hamzah Seviyusman ketika disambangi awak media di ruang kerjanya Kamis (25/7).

Laporan : Ferdy
Editor/Posting : M. Riduan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here