HARNOJOYO TAGIH JANJI RUMAH POMPA DARI PUSRI

0
351

PALEMBANG,- Walikota Palembang H.Harnojoyo bersama unsur Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang bersama masyarakat Kecamatan Ilir Timur (IT) II dan Kecamatan Kalidoni Minggu (17/3/2019) pagi, membersihkan aliran Sungai Buah.

Air sungai Buah meluap saat hujan melanda, ditambah tingginya debit air pasang pada musim tertentu menjadi penyebab banjir di kawasan tersebut. “Pembuatan rumah pompa yang ingin dibuat oleh PT.Pusri harus segera terrealisasi,” kata Harnojoyo.

Diungkapkan Harnojoyo, dari keterangan Manajer Humas PT Pusri, Hernawan yang hadir pada kegiatan gotong royong di Jl. Sersan Zaini Lr. Bhayangkara 2 RT 28 RW 11 Kel. 2 Ilir Kecamatan Ilir Timur II Palembang hari ini, Pusri saat ini sedang menyiapkan DED (Detailed Enginering Desain). “Pembangunan rumah pompa di muara sungai Buah adalah salah satu solusi. Karena muaranya ada di area Pusri, kita berharap mereka dapat membantu dengan membuat rumah pompa bendung,” ungkapnya.

Jika dilihat dari besaran kebutuhan rumah pompa di muara Sungai Buah ini, bisa diperkirakan dengan luasan 1/3 dari pompa sungai Bendung. Artinya daya sedot pompa 12.000 liter per detik dengan kebutuhan lahan sekitar 1000 h (hektar).

“Mudah-mudahan Pusri bisa cepat membuat pompanisasi, sehingga akan sangat terasa manfaatnya bagi masyarakat yang berada di aliran sungai Buah,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, atas nama pemerintah dan masyarakat, mengucapkan terimakasih kepada Pusri yang telah memberikan jawabaan terkait rencana pembangunan rumah pompa di muara sungai Buah yang akan dilakukan perusahaan pupuk terbesar di Sumatera tersebut. “Inilah salah satu penyelesaian untuk menjawab genangan air dan banjir yang terjadi di das sungai Buah ini,” tandasnya.

Sementara itu, Manajer Humas PT Pusri Hernawan mengatakan, Pusri siap membantu program Walikota dalam mengatasi banjir yang selama ini terjadi di wilayah sepanjang das sungai Buah.

“Kita edang siapkan bersama PU untuk dipersentasikan ke Walikota, karena siapa tau nanti desain kami ini ada yang kurang,” sampainya.

Hal yang sama disampaikan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PU-PR) Kota Palembang, Ahmad Bastari, dimana saat ini Pusri sedang menyelesaikan desain rumah pompa yang akan dibangun.”Mereka lagi finalkan desainnya, dimana setelah rapat internal, baru nanti mereka akan membawa desainnya untuk dipaparkan ke Walikota,” terangnya.

Saat ini PU tidak bisa masuk terlalu jauh terkait rencana pembangunan pompanisasi yang akan dilaksanakan PT Pusri.

Tapi, Bastari melihat Badan Usaha Milik Negaran (BUMN) tersebut melalui tenaga teknik sipil yang dimiliki, sedang menghitung besaran kebutuhan pompanisasi yang akan dibangun.

“Kita hanya bisa memberikan masukan, karena mereka memiliki tenaga teknik sipil sendiri,” tandasnya.(rill)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here