Heboh! Warga Kecamatan Dempo Tengah Temukan Sumber Air Panas

0
334

Kliksumatera.com, PAGARALAM – Heboh! Warga Kecamatan Dempo Tengah, Dusun Pelang Kenidai Kota Pagaralam mendadak geger dan heboh dengan ditemukannya adanya sumber air panas di lokasi perkebunan di antara lahan pertanian warga yang konon bisa menyembuhkan segala penyakit.

Berawal dari seorang warga bernama Midi, lalu disampaikan dari mulut ke mulut. Lalu Senin (13/8/2019) kemarin, Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kota Pagaralam meninjau titik ditemukannya sumber air panas tersebut .

Fenomena alam berupa munculnya sumber air panas itu tepatnya berada di Ayik Salak Dusun Plang Kenidai, Kelurahan Palang Kenidai, Kecamatan Dempo Tengah Kota Pagaralam. Air panas tersebut diyakini dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit.

Diketahui sumber air panas itu mengalir cela batu besar yang tertanam berbentuk lonjong memanjang lebih dari 2 meter. Warga setempat bila ingin merasakan hangatnya Air Panas tersebut harus menempelkan kaki atau tangan ke rongga atau celah batu.

Menurut Merlen, pemilik lokasi lahan tersebut melalui saudaranya Ari mengatakan, air panas tersebut layaknya air seperti biasa. Selain warnanya jernih namun terasa hangat. ‘’Saat ini memang belum banyak warga yang tahu kalau di Dusun Pelang Kenidai terdapat sumber air panas. Air panas tersebut seperti air panas yang ada di daerah Jawa Barat yaitu Wisata Air Panas Ciater atau yang terdekat seperti air panas yang terdapat di Tanjung Sakti rasanya panasnya mirip sekali,’’ tegas Ari kepada Kliksumatera.com.

“Saya sering ke sini dan merendamkan kaki pada air yang keluar dari batu tersebut, dan saya punya penyakit asam urat. Alhamdulillah sekarang lebih sehat,” tambah Ari, warga asal Muara Siban Kecamatan Dempo Utara Pagaralam, saat berada di lokasi.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kota Pagaralam Joni SE MM didampingi Bagian Labor Dinas Lingkungan Hidup Suprapto, saat turun ke lokasi membenarkan adanya Sumber Air Panas tersebut.

Joni meminta kepada warga pemilik lahan tersebut untuk melakukan pemisahan aliran air panas tersebut agar tidak bercampur dulu dengan air yang dingin. Mengingat Sumber Air panas tersebut keluar dari cela batu besar. ‘’Agar panasnya air lebih terasa bila kaki atau tangan ditempelkan ke sumbernya,’’ tegas Joni.
Ditambahkan Joni, secepatnya dia akan melakukan uji laboratorium (Lab) untuk mengetahui suhu panas yang terdapat di kandungan air. ‘’Semuanya akan dites dulu di laboratorium, apalagi alat tes semua ada di labor Dinas LH kita,’’ tandasnya.

Selain itu, Joni akan menyampaikan laporan ke Walikota Pagaralam, terkait penemuan sumber Air Panas itu. ‘’Sedangkan untuk pemilik lahan, agar menjaga sumber air panas dan mengantisipasi membludaknya warga yang ingin mandi dan melihat lokasi air panas tersebut,’’ pungkas Joni.

Laporan : Faisal
Editor/Posting : Imam Ghazali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here