Ironis, Sekolah Pavorit di PALI Tak Miliki WC untuk Siswa

0
437

Kliksumatera.com, PALI- Digembar-gemborkan memiliki APBD PALI mencapai Rp 1,7 triliun, namun ironis kondisi yang dialami oleh SMP Negeri 1 Abab, Kecamatan Abab, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI). Pasalnya sekolah ini tidak memiliki water closed (WC) untuk para siswanya.

Sebelumnya, sekolah yang telah banyak melahirkan para generasi penerus bangsa ini memiliki dua WC untuk para siswanya. Namun, kondisinya sudah sangat memprihatinkan atau tak bisa digunakan oleh para siswa.

“Kalau yang cewek mau ke WC, pakai WC guru di kantor. Kalau yang cowok terserah kencing (buang air kecil) dimana,” ujar Edo, pelajar Kelas IX SMP 1 Abab, apa adanya, Rabu (16/10).

Menurutnya, kadang bagi para siswa buang air kecil (kencing) di hutan. “Kadang di WC ini. Tapi, tidak disiram karena tidak ada air,” tambahnya seraya menunjuk WC yang sudah usang, kotor, berbau, serta tidak punya air tersebut.

Sementara itu, Kepala SMP Negeri 1 Abab, Zarlenawati, membenarkan jika tidak ada WC bagi siswanya.

“Di sekolah ini ada dua WC bagi siswa. Satunya rusak. Bahkan, mau roboh. Saya pun mengimbau agar siswa tidak mendekatinya takut tertimpa bangunan. Dan, satunya rusak, tidak ada pembuangan air,” ujarnya.

Saat ditanya apakah pernah mengajukan proposal pembangunan ke dinas terkait. Dia mengatakan, sering mengajukan proposal, namun entah mengapa belum juga dibangun.

“Kalau mengusulkan dibangun. Ya, kita usulkan terus. Tapi, sampai sekarang belum juga dibangun,” katanya.

Sepengetahuannya salah satu WC yang bangunannya mau roboh tersebut sudah lama tidak dilakukan rehab.

“Kalau yang satunya. Dibangun sekitar tahun 2013. Dan hingga kini masih belum ada perbaikan,” terangnya.

Sementara itu, Plt Diknas Kabupaten PALI, Kamriadi, saat ingin dikonfirmasi wartawan, Rabu (16/10/19) sedang tidak ada di ruang kerjanya.

Untuk diketahui SMP Negeri 1 Abab terletak di perbatasan atau Simpang 5 Desa Betung, Kecamatan Abab. Saat ini SMP 1 Abab memiliki Siswa/SIWI sebanyak 251 murid, dengan tenaga pengajar sebanyak 31 orang baik PNS/Honorer.

Informasi yang didapat, sekolah ini dianggap sekolah yang bersejarah yang ada di Kecamatan Abab. Pasalnya jauh sebelum Kabupaten PALI berdiri, SMP yang dulunya bernama SMP Negeri 5 Talang Ubi tersebut merupakan sekolah pavorit dan tempat anak-anak dari Desa Betung, Karang Agung, Prambatan, Pengabuan, dan Purun untuk menimba ilmu.

Laporan : Syam
Editor/Posting : Imam Ghazali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here