Kadinas PMD Tutup Pelatihan PLD

0
353

Kliksumatera.com, PALEMBANG- Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Kadinas PMD) M. Yusnin S.Sos MS.i menutup Pelatihan Peningkatan Kapasitas Pendamping Lokal Desa (PLD) Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa bertempat di Ballroom Hotel Beston Palembang (5/12/2018).

Yusnin mengatakan bahwa pelatihan ini adalah pelatihan untuk meningkatkan Kapasitas Pendamping Lokal Desa se- Provinsi Sumsel yang dilaksanakan pada tahun ini.

Dengan dihadiri sekitar 700 peserta di 17 Kabupaten dan kota bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan memberi pengetahuan pendamping tenaga lokal desa tersebut.

”Pendamping Lokal Desa ini adalah pendamping yang ada di Desa yang betul-betul langsung berhadapan dengan Kepala Desa. Yang mana mereka ini untuk mendampingi satu orang pendamping itu untuk 4 desa yang mana mereka ini kita latih dan kita bina dan kita beri pengetahuan dalam membantu penyelenggaraan pemerintahan masyarakat desa,” tegas Yusnin.

Yusnin juga menyampaikan bahwa fungsi dari Pendamping Lokal Desa ini bertujuan untuk menyampaikan berbagai informasi tentang revisi regulasi.

Yang kemudian nanti bisa disampaikan kepada Kepala Desa. Seperti halnya Undang- undang, Permendes, yang selalu berubah-rubah kemudian ada revisi tentang regulasi yang ada.

Misalnya Permendes yang tiap tahun berubah apalagi untuk dana desa ini prioritas Permendesnya berubah nah inilah peran daripada PLD.

Yusnin juga mengimbau kepada Kepala Desa untuk melakukan berbagai Inovasi termasuk membuat terobosan-terobosan baru. Saat ini di Sumsel ada kurang lebih 2853 desa definitif. Yang mendapatkan dana desa dan ada 77 desa persiapan yang belum mendapatkan dana desa.

Laporan          : Andrean
Editor/Posting : Imam Ghazali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here