Lapas Narkotika Palembang Jamin 100 Persen Petugas Bebas Narkoba

0
334

Kliksumatera.com, PALEMBANG – Lapas Narkotika Kelas III Palembang jamin seratus persen petugas bebas narkoba. Hal ini disampaikan langsung Kepala Lembaga Pemasyarkatan Narkotika Kelas lll Palembang, Hudi, Selasa (09/07/2019).
Menurutnya, citra buruk tentang lapas narkotika yang selama ini berada dalam pemikiran masyarakat akan dipastikan berbanding terbalik dengan yang ada di sini.

“Jangankan warga binaan yang sudah pasti yang sudah pasti terlibat natkotika, petugas pun kita lakukan tes urin rutin, pada tahun 2018 kita sudah melakukan tiga kali tes yang menggandeng Badan Narkotika Nasional, Puskemas dan Polsek sekitar dan alhamdulillah tidak ada ditemukan satu petugas pun yang positif menggunakan narkoba,” jelasnya.

Ditambahkannya, untuk tahun 2019, pihaknya juga sudah melakukan tes urin rutin baik untuk petugas juga untuk warga binaan. “Dan kembali tidak ditemukan penggunaan positif, peraturan ini dibuat untuk memastikan baik petugas dan warga binaan bebas narkoba,” bebernya.
Di sisi lain, Hudi menuturkan, saat ini permasalahan yang cukup membuat petugas kerepotan adalah jumlah warga binaan yang melebihi kapasitas.

“Seharusnya kapastias normal hanya mampu menampung 484 orang sekarang harus diisi dengan 1132 orang, dan hanya dilayani oleh 10 petugas yang harus berjaga 24 Jam dan ini menjadi permasalahan yang cukup merepotkan,” tegasnya.

“Ada permasalahan lain yang membuat para petugas harus bekerja ekstra, selama ini fasilitas yang dirasakan sangat kurang terutama fasilitas kesehatan, selama ini kami harus mandiri untuk memenuhi fasilitas disini, yang jadi permasalahannya meski berstatus Lapas kelas lll Palembang namun secara geografis berada di Kabupaten Banyuasin, sehingga membuat perhatian Kota Palembang belum menjangkau tempat ini,” tambahnya.

Pihaknya berharap, ke depan Pemerintah Kota Palembang lebih memperhatikan kehidupan warga binaan di sini. “Karena mereka juga manusia yang membutuhkan kehidupan yang layak meski dalam masa binaan, sehingga maksimal semua program selama ini, demi menciptakan manusia yang lebih baik kedepannya yang bebas dari narkoba,” pungkasnya.

Sumber : Ril
Posting : M. Riduan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here