Lomba Serapungan Berlangsung Sukses

0
307

Kliksumatera.com, EMPAT LAWANG- Kabupaten Empat Lawang melalui Dinas Pariwisata menyelenggarakan acara Lomba Serapungan di Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati, tepatnya di Sungai Musi, Pantai Terusan Kupang, Kecamatan Tebing Tinggi sebagai Star dan Finish di Jembatan Kuning, Minggu (20/4) sebagai acara rutin tahunan memperingati Hari Jadi Ke-12 Kabupaten Empat Lawang.

Kepala Dinas Pariwisata Empat Lawang Mgs. Nawawi ketika dihubungi wartawan menyebutkan, Serapungan adalah sampan yang dikendarai satu orang dengan posisi pengendara telungkup seperti berenang karena sampan hanya terbuat dari bambu atau kayu gelondongan yang dirakit atau diikat dengan rotan selebar 20 cm atau seukuran badan dengan panjang kurang lebih 3 hingga 4 meter. ‘’Sampan ini dikendarai di atas Sungai Musi, memakai dayung hanya dengan tangan dengan posisi berenang, Serapungan ini hanya di gunakan untuk event-event tertentu dan tidak digunakan untuk angkutan umum,” katanya.

“Umumnya mendayung sampan di atas air, dengan posisi duduk dan di dayung dengan kayu tapi serapungan di dayung dengan menggunakan tangan dengan posisi tubuh telungkup atau posisi berenang. Tentu banyak memerlukan tenaga, daya dikuras habis tapi ini menjadi keunikan sendiri,” tambahnya.

Lebih lanjut menurut Nawawi, kegiatan ini sangat bagus untuk dikembangkan karena keunikannya sebab tidak ada di tempat lain. Ini juga disebutnya menjadi daya tarik luar biasa untuk menjadikan Kabupaten Empat Lawang sebagai salah satu destinasi pilihan wisata.
“Selain itu, aneka kuliner yang ada di Empat Lawang juga menambah daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Menyaksikannya sambil menikmati aneka kuliner dapat menghadirkan sensasi,” tutur Kadis.

Acara ini selain hadiri Dinas Instansi terkait, juga dimeriahkan para pelancong dan warga setempat tidak ketinggalan Bupati dan Wakil Bupati Empat Lawang, H. Joncik Muhammad dan Julius Maulana.

Bupati Empat Lawang usai membuka acara Festival Serapungan tersebut berpesan agar dengan adanya kegiatan ini, akan menjadi daya tarik wisatawan baik dalam ataupun luar daerah.

Di samping itu, Bupati Joncik mengucapkan banyak terima kasih atas partisipasi semua OPD, panitia dan masyarakat yang telah ikut serta menyukseskan acara itu.

“Sekali lagi saya ucapkan terima kasih sebanyak–banyaknya kepada semua OPD yang telah mendukung acara ini. Semoga acara agenda tahunan ini berjalan dengan lancar dan dapat membawa perubahan positif bagi masyarakat Empat Lawang,” pungkasnya.

Laporan : Bar
Editor/Posting : Imam Ghazali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here