Luar Biasa, Lurah Bukit Lama dan Jajarannya Galang Dana Bantu Warga Selama ”Lockdown” Covid-19

0
558
Kantor Lurah Bukit Lama yang terletak di Belakang Cagar Budaya Bukit Siguntang Kecamatan Ilir Barat 1 Palembang tetap ramai oleh warga dan para ketua RT/RW yang berurusan administrasi. (foto: imam)

Kliksumatera.com, PALEMBANG- Sejak merebaknya Covid-19, Kantor Lurah Bukit Lama yang digawangi Alexander SIP MSI secara mandiri telah menyiapkan hand satinizer. Lalu melakukan penyemprotan disinfektan di fasilitas umum dan rumah ibadah serta lingkungan keramaian lainnya, sekaligus melakukan sosialisasi akan bahaya Covid-19 ini kepada warganya.

Lurah Bukit Lama Alexander SIP MSI. (foto: imam)

Hingga kini, kegiatan sosial mandiri tersebut masih terus dilakukan oleh Kelurahan Bukit Lama tanpa menunggu bantuan yang turun dari atas. Alexander dengan dibantu staf, Babinsa Widian, Babinkamtibmas Suhendro, para ketua RT/RW dan warga secara kontinyu terus melakukan giat sosial selama masa ”lockdown” Covid-19 ini tanpa menghentikan aktivitas melayani masyarakat Kelurahan Bukit Lama di kantornya.

Staf Kelurahan Bukit Lama yakni Doni sedang membagikan cairan hand satinizer kepada para ketua RT/RW dan warga. (foto: imam)

Kegiatan tersebut antara lain memberikan secara gratis cairan hand satinizer sebanyak 1 liter kepada setiap RT dan masyarakat, melakukan penyemprotan disinfektan, melakukan imbauan dan sosialisasi bahaya Covid-19, serta menggalang dana secara mandiri guna diwujudkan dalam 300 paket sembako yang berisi antara lain beras 2 kg, gula 1/2 kg, mi instan, teh, dan sebagainya.

Lurah dan Babinsa sedang membahas masalah giat Covid-19 bersama para ketua RT. (foto: imam)

Apalagi selama masa social distancing atau sikap menjaga jarak aman dengan orang lain agar terhindar dari Virus Corona hingga banyak masyarakat mengharuskan mengisolasi diri di rumah sebagaimana imbauan pemerintah, menjadikan aktivitas sosial ekonomi seakan menjadi ”lumpuh”. Banyak masyarakat menengah ke bawah atau miskin yang merasakan dampaknya. Karenanya mereka ini yang menjadi fokus atau sasaran bantuan.


Aktivitas di Kantor Kelurahan Bukit Lama tetap berjalan sebagaimana biasanya untuk melayani administrasi warga. (foto: imam)

”Khusus penggalangan dana ini, kita mengajak seluruh RT/RW serta warga dan para donatur yang diberikan kelapangan rizki untuk membantu Saudara kita yang tak mampu atau miskin hingga kian terpuruk kehidupan mereka di saat merebaknya Pandemi Covid-19 saat ini. Dana yang terkumpul akan kita belikan aneka makanan atau sembako hingga dijadikan 300 paket sembako untuk warga Kelurahan Bukit Lama. Macam tukang becak, ojek online, dan para kaum duafa lainnya,” jelas Lurah Alexander yang juga turut menyumbangkan uang pribadinya sebesar Rp 2 juta dalam penggalangan dana itu, Kamis (26/3/2020).

Salah satu Ketua RT di Kelurahan Bukit Lama yakni Iwan sedang mengecek bantuan yang nantinya akan diberikan kepada warga. (foto: imam)

Khusus untuk penggalangan dana tersebut, Lurah Bukit Lama membuat lis tersendiri di WA Grup RT/RW. Bagi penyumbang langsung mendaftar berikut menuliskan besaran uang yang disumbangkan secara sukarela. Dari pantauan media ini, tercatat sekitar 12 juta rupiah dana yang telah tercatat. Hanya saja, dana tersebut belum disetorkan seluruhnya kepada petugas yang telah ditunjuk.

”Meski demikian, kita tidak mau menunggu. Dari uang yang sudah masuk, langsung kita belikan isi paket sembako secukupnya. Nanti akan ditambah lagi hingga kita jadikan 300 paket atau lebih buat warga di Kelurahan Bukit Lama ini. Kita melakukan ini juga atas petunjuk dan imbauan Bapak Walikota dan Ibu Wakil Walikota serta Bapak Camat Ilir Barat 1 Palembang,” cetus Alex yang selalu hadir pada kegiatan sosial dan hajatan warganya ini.

Lurah, Babinsa, dan Tim Kelurahan Bukit Lama siap melakukan penyemprotan disinfektan agar Kelurahan Bukit Lama bebas dari Corona. (foto: ist)

Khusus cairan hand satinizer, Lurah melalui petugas yang ditunjuk yakni Doni telah membagikannya kepada masyarakat secara gratis. Hand satinizer sebanyak 1 drum biru plastik dalam satu hari habis dibagikan. ”Terima kasih Pak Doni, air satinizernya,” ujar seorang ibu sambil membawa sebuah botol plastik berisi cairan tersebut.

Laporan/Posting : Imam Ghazali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here