Piagam Penghargaan Tahun 2020, Bukti Kesuksesan Polda Sumsel

0
237

Kliksumatera.com, PALEMBANG- Kapolda Sumsel Irjen Pol Prof Dr Eko Indra Heri S, MM, melalui Waka Polda Sumsel Brigjen Pol Rudi Setiawan, S.Ik., SH.,MH, menggelar Pers Release akhir tahun 2020 di ruang Promoter Mapolda Sumsel, Rabu (30/12/2020).
Giat ini juga dihadiri Kabid Humas Kombes Pol. Supriadi, SH, MM, Irwasda Kombes Pol Drs M Indra Gautama MSi, serta para Pejabat Utama Polda Sumsel.
Dalam sambutannya Wakapolda Sumsel mengatakan bahwa peran kepolisian sangat kompleks. ”Tidak hanya melindungi, mengayomi, dan melayani masyarakat Sumsel, akan tetapi segala aspek yang dapat mempengaruhi suasana kamtibmas yang ada di Sumsel khususnya juga menjadi bagian peran dan kerja kepolisian,” ujarnya.

Untuk keberhasilan Polda Sumsel selama tahun 2020, ada beberapa penghargaan yang telah diterima oleh Kapolda Sumsel. Seperti piagam penghargaan PT. PLN atas dukungan dan kerja sama dalam kegiatan strategis ketenagalistrikan nasional, piagam penghargaan Kanwil DJPP Sumsel atas kualitas laporan keuangan terbaik ketiga, piagam penghargaan LEMKAPI atas inovasi dan terobosan dalam mewujudkan kamtibmas yang mantap dalam menciptakan masyarakat aman dan TTP produktif di masa Pandemi Covid-19. Piagam penghargaan pimpinan wilayah muda muslim Indonesia Sumsel atas tokoh inspiratif dalam upaya pencegahan dan penanganan Covid-19 sekaligus percepatan pemilihan ekonomi daerah, piagam penghargaan Kapolri atas polda penilaian terbaik Quick Wins, piagam penghargaan Kodam II/Swj atas kerja sama dan dukungan dalam melaksanakan tugas-tugas Kodam II Sriwijaya. ”Dan piagam penghargaan Kejati Sumsel atas kerja sama, senergitas yang baik dalam pelaksanaan tugas-tugas melalui FKPD maupun criminal justice system. Penghargaan dari general manager PLN UIKSBS, Penghargaan dari Menpan RB RI atas inovasi layanan warung SIM, dan piagam penghargaan dari Menteri LHK atas inovasi modifikasi sepeda motor pemadam karhutla. Dan masih banyak lagi program-program terobosan kreatif dan inovasi meliputi pembinaan, melalui rekrutmen terhadap annggota Polri, yang tentunya bebas dari pungli untuk menjadi anggota Polri,” papar Wakapolda.

Kemudian pengembangan pendidikan untuk menjadi perwira baik melalui jenjang sespin, lemhanas, atau sespati. Lalu bidang kelembagaan sebagai bentuk pengembangan atau peningkatan di Jajaran Polda Sumsel.

Situasi kamseltibcarlantas selama tahun 2020 dibandingkan 2019 seperti jumlah kecelakaan lalu lintas 2019 sebanyak 1529 kejadian di tahun 2020 sebanyak 1151 kejadian turun sebanyak 378 kejadian atau sebesar 25%. Jumlah korban meninggal dunia di tahun 2019 sebanyak 637 orang sedangkan di tahun 2020 351 orang jadi turun sebanyak 286 orang atau sebesar 44,89%, kerugian material turun sebesar 42% dan jumlah penyelesaian perkara lalulintas naik sebanyak 141%.

Dalam Pres Release akhir tahun 2020 Polda Sumsel berhasil menyelamatkan keuangan negara lebih kurang 13,2 miliar rupiah dari hasil kejahatan tindak pidana korupsi turun 13 %. Sedangkan data tersangka yang dilakukan tindakan tegas dan terukur dari Reskrimum sebanyak 14 orang tersangka dan dari Resnarkoba 3 orang tersangka.
”Hasil pencapai kinerja Polri di tahun ini tidak terlepas dari seluruh elemen masyarakat ikut berpartisipasi aktif dalam mewujudkan situasi Kamtibmas yang kondusif, aktif dalam kegiatan pengamanan secara swakarsa, terutama di lingkungan pemukiman dan lingkungan kerja masing-masing,” tandasnya.

Laporan : Yudi
Editor/Posting : Imam Ghazali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here