Sambut HUT ke-74 TNI, Kodim 0405 Lahat Gelar Turnamen Panahan

0
275

Kliksumatera.com, LAHAT- Dalam menyambut HUT ke-74 TNI, Komando Distrik Militer (Kodim) 0405 Lahat yang bekerjasama dengan KONI dan Persatuan Panahan Nasional Indonesia (Perpani) Lahat akan mengelar open turnamen panahan, pada 4-6 Oktober mendatang. Kegiatan dipusatkan di Lapangan Rumput Kodim 0405 Lahat.

Dandim 0405 Lahat, Letkol Kav. Sungudi SH, MSi melalui Danramil 405-12/Kota Lahat, Kapten Inf. Dwi Satrio membenarkan, yang mana kejuaraan panahan ini dalam menyambut HUT ke-74 TNI Tahun 2019 sekaligus memopulerkan cabang olahraga (cabor) panahan ini kepada masyarakat Kabupaten Lahat.

“Bukan hanya seremonial saja, melainkan mengenalkan cabor ini kepada masyarakat. Sehingga, lebih banyak bermunculan atlet-atlet prestasi,” ujarnya, Senin (9/9).

Dikemukakannya, dari turnamen panahan ini, tentunya lahir atlet-atlet andal dan mampu membawa nama harum daerah.

“Menelurkan atlet panahan andal Kabupaten Lahat, sehingga membawa ke kancah kejuaraan lebih tinggi lagi,” jelas Dwi.

Sementara itu, Ketua Perpani Cabang Lahat, Andra Juarsyah SPd MPd juga membenarkan, open turnamen ini dalam memperingati HUT ke-74 TNI, termasuk pembinaan prestasi panahan di Kabupaten Lahat.

“Ajang silaturahmi antarclub dan komunitas panahan di Sumatera Selatan (Sumsel), memasyarakatkan olah raga ini di tengah-tengah masyarakat,” paparnya.

Dikarenakan, sambung dia, bertajuk open turnamen, maka, pesertanya tidak hanya berasal dari Lahat saja tapi ada dari Bengkulu, Lampung, Jambi, Riau, DKI Jakarta, dan sebagainya.

“Munculnya atlet panahan berprestasi dari Lahat, lalu lebih dikenalnya lagi olah raga panahan di masyarakat, serta menjadi ajang uji coba bagi atlet Porprov maupun PON Papua,” tandas Andra.

Terpisah, Ketua KONI Lahat, Ferly Sumarno, SE menyampaikan, pihaknya sangat mendukung adanya turnamen panahan ini. Setidaknya ini menjadi ajang pemanasan atau uji coba sebelum mengikuti Porprov, Pra-PON dan PON.

“Selain mengenalkan olah raga panahan, kejuaraan ini menjadi tolak ukur atlet panahan daerah Lahat. Sejauh mana mereka bersaing dengan yang lainnya,” pungkasnya.

Laporan : Ferdy
Editor/Posting : Imam Ghazali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here